nusabali

Wabup Suiasa: Manfaatkan Balai Banjar Melalui Pelaksanaan ‘Tri Tata Sukerta’

Karya Tawur di Pura Melanting, Banjar Busana, Sibanggede

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-manfaatkan-balai-banjar-melalui-pelaksanaan-tri-tata-sukerta

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengharapkan krama memanfaatkan balai banjar dengan baik melalui pelaksanaan ‘Tri Tata Sukerta’.

MANGUPURA, NusaBali

Pertama, tata sukerta parhyangan dengan selalu eling dan srada bhakti ke hadapan Ida Bhatara yang berstana di Pura Melanting yakni Ida Bhatara Bhagawan Penyarikan. Kedua, tata sukerta pawongan, dengan meningkatkan ikatan krama banjar agar selalu bersatu. Dan ketiga, tata sukerta palemahan, dengan menjaga dan memelihara bangunan balai banjar dan pura melanting.

“Semoga berdasarkan paiketan krama akan mampu meningkatkan pelaksanaan Tri Tata Sukerta menuju krama banjar yang sejahtera,” ujar Wabup Suiasa saat menghadiri Tawur lan Melaspas seiring rampungnya pembangunan balai banjar serta Pura Melanting di Banjar Busana, Desa Sibanggede, Kecamatan Abiansemal pada Anggara Umanis Wariga, Selasa (21/1). Tawur dilaksanakan serangkaian Karya Waraspati Kalpa, Melaspas, Padudusan Alit, yang puncaknya pada Saniscara Kliwon Wariga, Sabtu (25/1).

Wabup Suiasa merasa bangga atas keberhasilan krama Banjar Busana membangun balai banjar dan Pura Melanting yang begitu megah. Dukungan dari pemda merupakan implementasi dari lima prioritas program pembangunan di Badung salah satunya pada bidang pelestarian seni, adat, agama, dan budaya termasuk infrastrukturnya. “Dukungan dan bantuan dari pemerintah merupakan komitmen Pemkab Badung di bawah kepemimpinan Giriasa yang tetap komit meringankan beban masyarakat dalam melaksanakan yadnya sebagai bagian dari pelestarian seni, adat, agama, dan budaya,” tegasnya.

Bendesa Adat Sibanggede Made Wardana mewakili krama Banjar Busana, merasa senang atas kehadiran Wakil Bupati bersama DPRD. Menurutnya, setelah puncak karya Ida Bhatara nyejer selama tiga hari dan nyineb pada 28 Januari. Dilaporkan juga pembangunan balai banjar dan Pura Melanting atas bantuan Pemkab Badung melalui dana hibah dan bantuan keuangan khusus dengan total nilai Rp 3 miliar.

Hadir pada kesempatan tersebut anggota DPRD Badung Made Ponda Wirawan, Ni Luh Putu Sekarini, I Nyoman Gede Wiradana, Kadis Kebudayaan Gede Eka Sudarwitha, Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa, prajuru Desa Sibanggede, serta krama Banjar Busana. Guna mendukung karya tersebut, Wabup Suiasa menyerahkan bantuan dana upakara Pemkab Badung sebesar Rp 400 juta. *

Komentar