nusabali

SDN 1 Selumbung Punya Perpustakaan Ramah Anak

  • www.nusabali.com-sdn-1-selumbung-punya-perpustakaan-ramah-anak

SD Negeri 1 Selumbung di Banjar Tengah, Desa Selumbung, Kecamatan Manggis, Karangasem membangun Perpustakaan Ramah Anak.

AMLAPURA, NusaBali
Perpustakaan Ramah Anak ini diresmikan oleh Yayasan Literasi Anak Indonesia, Fourgelina, pada 17 Desember 2019. Koleksi buku sebanyak 900 judul untuk siswa kelas I hingga kelas VI.

Kasek SDN 1 Selumbung, Ida Ayu Wayan Sugiantari SPd MPd menjelaskan, satu ruang kelas disulap jadi perpustakaan. Dinding ruangan dicat dan diisi gambar siswa sedang belajar membaca. Permainan cat dan lukisan ini sebagai daya pikat agar siswa betah belajar membaca di perpustakaan. Koleksi buku dibagi enam bagian untuk masing-masing kelas. Jenjang pertama diberinama kumbang, kedua burung, ketiga ikan, keempat rusa, kelima singa, dan keenam gajah.

Buku yang tersedia lebih banyak tentang pengenalan binatang, lengkap dengan bacaannya. Selain belajar membaca, sekaligus mengenal jenis-jenis hewan sesuai isi bacaan. Ida Ayu Wayan Sugiantari mengatakan, tujuan utama perpustakaan ini untuk mengembangkan minat baca siswa. “Selain perpustakaan, di kelas juga ada pojok baca. Intinya agar siswa mau baca, disediakan fasilitas di banyak tempat,” katanya, Senin (20/1).

Ida Ayu Wayan Sugiantari optimis target untuk kelas I di tahun ajaran 2019/2020 telah mampu membaca seluruh buku bacaan yang dikhususkan untuk kelas I. “Ini deretan buku bacaan kelas I, makanya setiap jadwal kelas I melakukan kunjungan, siswa telah mengetahui buku yang akan dibaca,” jelasnya. Begitu juga diatur kunjungan untuk siswa kelas II sebanyak 20 siswa, kelas III 14 siswa, kelas IV 18 siswa, kelas V 15 siswa, dan kelas VI 18 siswa. *k16

loading...

Komentar