nusabali

Sambut Imlek, Griya Kongco Dwipayana Lakukan Pembersihan

  • www.nusabali.com-sambut-imlek-griya-kongco-dwipayana-lakukan-pembersihan

Rangkaian perayaan Imlek pada 24 Januari 2020 dalam upacara tutup tahun dan tanggal 25 Januari 2020 untuk menyambut tahun baru.

DENPASAR, NusaBali.com
Enam hari menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2571, tempat-tempat peribadatan vihara maupun klenteng  memulai persiapan setelah sebelumnya dilakukan upacara untuk mengantar dewa ke langit pada Jumat (17/1/2020) malam. Para dewa yang kembali ke langit akan melaporkan perbuatan manusia, baik dan buruknya, selama setahun belakangan. 

Selama para dewa berada di langit inilah, persiapan bagi tempat-tempat peribadatan ini dimulai. Seperti di Griya Kongco Dwipayana Tanah Kilap, Pemogan, Denpasar pada Minggu (19/1/2020). Persiapan yang dilakukan berupa pembersihan tempat secara keseluruhan dan pembersihan patung-patung atau pratima yang dimiliki oleh kongco. Pembersihan pratima-pratima ini dilakukan dalam dua tahap, yakni pembersihan dengan air biasa lalu dibersihkan lagi dengan air suci.

Pratima-pratima yang dibersihkan di kongco yang telah didirikan pada tahun 1987-1999 ini jumlahnya mencapai seratus buah. Di antara pratima-pratima tersebut, ada pula patung-patung yang bercorak Hindu. Hal ini memang karena Kongco Dwipayana menganut ajaran Hindu-Budha, dan letaknya bersebelahan dengan Pura Luhur Candi Narmada Tanah Kilap. 

Bahkan, para pamedek yang terlihat tangkil di Pura Luhur Candi Narmada pada Minggu (19/1/2020) pun turut melakukan persembahyangan di Kolam Tujuh Dewi Kongco Dwipayana. “Ada rasa kebersamaan, saling menghormati dan menyimak ilmu sehingga dapat berbuat kebaikan,” ujar Pamuncuk Kongco Dwipayana, Ida Bagus Adnyana.

Pendiri Kongco yang juga disebut sebagai Klenteng Kehendak Dewa ini juga mengungkapkan sedikit peruntungan di tahun 2571 yang merupakan tahun Tikus yang cerdik. “Saya rasa tahun Tikus ini lebih baik, bila kita menanggapinya dengan baik, karena ini penuh dengan kesempatan. Jadi di tahun ini jika pintar-pintar menggunakan kesempatan maka akan berhasil baik,” ungkap Pamuncuk yang akrab dengan sapaan Atu Mangku ini.

Rangkaian perayaan Imlek sendiri akan mencapai puncaknya pada tanggal 24 Januari mendatang dalam upacara tutup tahun dan tanggal 25 untuk menyambut tahun baru. Di kedua tanggal ini, akan ada penampilan Barongsai, yang dilaksanakan pada tengah malam untuk tanggal 24 Januari dan pukul 20.00  WITA di tanggal 25 Januari. Tak ketinggalan, kurang lebih 200 lampion pun akan turut menghiasi areal klenteng hingga areal depan klenteng.*yl

loading...

Komentar