nusabali

Palinggih Terbakar, Percikan Api Diduga dari Pembakaran Bade

  • www.nusabali.com-palinggih-terbakar-percikan-api-diduga-dari-pembakaran-bade

Satu palinggih di Pura Dalem Teges, Jalan Gunung Tangkuban Perahu, Banjar Teges, Desa Padangsambian, Kecamatan Denpasar Barat terbakar, pada Sabtu (18/1) pukul 16.15 Wita.

DENPASAR, NusaBali

Kebakaran ini terjadi diduga akibat percikan api dari bekas pembakaran bade di setra sebelah pura. Dugaan itu karena pada hari yang sama sekitar pukul 14.00 Wita di Setra Teges yang bersebelahan dengan Pura Dalem Teges telah dilaksanakan upacara pengabenan.

Kebakaran yang menimpa palinggih itu pertama kali diketahui oleh I Ketut Gede Maharta, 55. Pada saat itu, saksi yang merupakan pegawai BUMN itu sedang jalan santai. Ketika melintas di dekat palinggih, dia melihat ada kepulan asap pada atap ijuk dari palinggih tersebut. Melihat kejadian itu, Gede Maharta memanggil warga lainnya, Wayan Suta.  Keduanya berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

"Api yang membakar ijuk pada atap palinggih itu tak bisa dipadamkam dengan cara manual. Sambil berusaha memadamkan api kedua saksi menghubungi pemadam kebakaran. Sekitar Pukul 16.30 Wita petugas pemadam dari BPBD Kota Denpasar tiba di lokasi kebakaran dan melakukan pemadaman," tutur sumber kepolisian, pada Minggu (19/1).

Korbaran api bisa dijinakkan tim pemadam sekitar pukul 18.00 Wita. Untuk menjinakkan api, BPBD Kota Denpasar mengerahkan 5 unit armada PMK dan 1 ambulance. Akibat kejadian itu kerugian materi yang ditimbulkan adalah satu palinggih di Pura Dalem Teges hangus terbakar.

"Untuk peristiwa kebakaran tersebut sudah ditangani oleh pihak kepolisian guna mencari penyebab sebenarnya kebakaran tersebut. Dugaan sementara itu akibat percikan api dari bekas pembakaran bade yang tak jauh dari lokasi," tandas sumber tadi.

Terpisah Kanit Reskrim Polsek Denpasar Barat, Iptu Aji Yoga Sekar membenarkan adanya peristiwa itu. "Kebakarannya tak sampai ada korban jiwa. Selain itu bisa ditangani dengan cepat oleh PMK," ujarnya singkat, saat dikonfirmasi kemarin. *pol

loading...

Komentar