nusabali

10 Dadia Ngaben 100 Sawa, Tiap Sawa Dikenakan Rp 5,5 Juta

  • www.nusabali.com-10-dadia-ngaben-100-sawa-tiap-sawa-dikenakan-rp-55-juta

Biaya Rp 5,5 juta per sawa itu sudah satu paket, untuk ngaben, ngeroras, dan ngalinggihang di Pura Paibon masing-masing.

AMLAPURA, NusaBali

Sebanyak 10 dadia sepakat menggelar upacara ngaben bersama, mengupacarai 100 sawa. Keseluruhan dibagi menjadi empat kelompok. Tiap-tiap kelompok ada yang mengoordinasikan, dan yang muput upacara juga berbeda-beda. Prosesi ngaben dilakukan bersamaan hingga berakhir nganyut di Pantai Ulakan, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Karangasem, pada Saniscara Pon Gumbreg, Sabtu (6/8).

Prosesi upacara ngaben bersama tersebut diselenggarakan di Lapangan Umum Desa Ulakan. Sedangkan prosesi pembakaran sawa di Setra Desa Pakraman Ulakan.

Sebanyak 100 sawa yang diupacarai berasal dari empat kelompok, yakni Kelompok Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) yang mengkoordinasikan 7 dadia mengupacarai 57 sawa. Kemudian Kelompok Dadia Arya Kubon Tubuh mengupacarai 26 sawa. Kelompok Dadia Arja mengupacarai 3 sawa, dan Kelompok Dadia Purajati mengupacarai 14 sawa.

Ngaben di Kelompok MGPSSR Desa Ulakan, dipuput tiga pinandita, Ida Pandita Mpu Nabe Basma Winata dari Gria Badrika Sari (Desa Pakraman Angantelu, Kecamatan Manggis), Ida Pandita Mpu Nabe Tri Daksa Nata dari Gria Giri Purwa Jagatsanti (Banjar/Desa Ababi, Kecamatan Abang), dan Ida Pandita Mpu Nata Giri Rasta Wiguna dari Gria Ashram (Banjar/Desa Pupuan, Kecamatan Pupuan, Tabanan).

Sedangkan ngaben di Kelompok Dadia Purajati dipuput Ida Pedanda Istri Oka dari Gria Bukit Catu, Banjar/Desa Selumbung, Kecamatan Manggis dan Ida Pedanda Ketut Dauh dari Gria Apityeh, Banjar/Desa Manggis, Kecamatan Manggis.

Sekretaris Panitia Ngaben Kelompok MGPSSR I Ketut Suarsana mengatakan, ngaben tersebut hanya membebankan biaya Rp 5,5 juta per sawa. “Biaya itu satu paket, untuk ngaben, ngeroras, dan ngalinggihang di Pura Paibon masing-masing,” jelasnya.

Tujuh dadia yang dikoordinasikan Kelompok MGPSSR adalah Dadia Pasek Gelgel Gunung Sari, Dadia Pasek Bendesa Baleran, Dadia Pasek Bendesa Delodan, Dadia Pasek Gaduh Ulun Puseh, Dadia Gelgel Karangsari, dan Dadia Batu Gampil. “Khusus untuk Kelompok MPGSSR, nantinya upacara ngeroras pada Rabu, 17 Agustus 2016,” kata Suarsana. * k16

Komentar