nusabali

Optimis Bisnis Konstruksi Membaik Tahun Ini

Made Duarsa Terpilih Jadi Ketua Gapeksindo Denpasar

  • www.nusabali.com-optimis-bisnis-konstruksi-membaik-tahun-ini

DPC Gabungan Pengusaha Konstruksi Indonesia (Gapeksindo) Kota Denpasar optimistis prospek bisnis konstruksi bisa tumbuh di tahun 2020 ini.

DENPASAR, NusaBali

Sebab, andalan usaha konstruksi di sektor properti sudah mulai membaik.  “Kami akui tahun sebelumnya, sektor konstruksi terjadi penurunan seiring lesunya bisnis properti. Tak hanya di Bali, bahkan nasional dan dunia juga demikian,” ujar Made Duarsa, Ketua DPC Gapeksindo Kota Denpasar terpilih  periode 2020-2025 hasil Musyawarah Cabang (Muscab) IV yang berlangsung di Hotel Inna Veteran Denpasar, Jumat (17/1).

Namun demikian, di tahun 2020 ini, pihaknya optimis bisnis konstruksi akan bangkit. “Kami melihat sekarang bisnis properti mulai tumbuh, termasuk di Bali. Banyak buyer-buyer yang mulai membeli tanah. Nah, biasanya mereka sudah tak tahan untuk membangun, misalnya untuk vila maupun hotel. Jadi, ini prospek bangus untuk kebangkitan sektor konstruksi Indonesia, termasuk di Bali,” katanya.

Untuk bisa bersaing dalam kompetisi lebih luas, Duarsa pun mendorong anggotanya untuk melengkapi kompetensi yang diharuskan. Mengingat di Bali saat ini nyaris tak memiliki pengusaha jasa konstruksi berskala besar, sehingga banyak proyek pembangunan bernilai tinggi tak bisa diambil pengusaha lokal. Selama ini, kata dia, pengusaha lokal hanya sebagai partner dalam proyek-proyek besar. Dia juga melihat selain proyek besar diambil pengusaha luar Bali, juga banyak dikerjakan kontraktor asing. “Banyak juga investor yang memakai kontraktor asing,” tambah pria yang akrab dipanggil Dedu.

Sejauh ini menurut pandangannya, proyek-proyek konstruksi masih bisa berjalan dengan baik. “Proyek baik swasta maupun pemerintah cukup banyak sehingga semua pengusaha bisa jalan,” tambah owner PT Satya Indosin Laksana ini.

Gapeksindo Kota Denpasar sebagai salah satu asosiasi kontraktor yang memiliki jumlah anggota sekitar 80 ini juga mengharapkan adanya peningkatan pelayanan terhadap anggotanya, salah satu cara guna meningkatkan pelayanan kepada anggota adalah dengan menyelenggarakan pelatihan penguasaan tata cara verifikasi dan validasi awal bagi data badan usaha, serta peningkatan Sistem Informasi Konstruksi Indonesia (SIKI).

Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Bali, Ida Bagus Nyoman Sudewa yang membuka Muscab IV Gapeksindo Kota Denpasar, kemarin, mengingatkan pentingnya sertifikasi tenaga kerja jasa konstruksi untuk menghasilkan tenaga ahli dan terampil yang dibutuhkan Bali. Sementara Kadis PUPR Kota Denpasar Jimmy Sidharta yang juga hadir berharap asosiasi ini dapat berperan dalam mendukung pembangunan Kota Denpasar. *isu

Komentar