nusabali

Pelatih Liga 1 Harus AFC Pro

  • www.nusabali.com-pelatih-liga-1-harus-afc-pro

PSSI menggodok pelatih di Liga 1 2020 wajib berlisensi AFC Pro. Sebab, jumlah pelatih lokal berlisensi Pro masih minim.

JAKARTA, NusaBali
Pelatih Rudy Eka Priyambada, yang memiliki lisensi AFC Pro, sempat mengunggah foto Coaching License Requirement dari PSSI untuk standar kepelatihan di kompetisi Indonesia. Di situ tertuang bahwa per 2020, klub Liga 1 wajib memiliki kepala pelatih berlisensi Pro.

Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, menyebut hal itu masih dalam penggodokan. Belum menjadi keputusan final. “Jangan nanti kalau kami buat pro, pelatih-pelatih Indonesia tidak ada, bisa pelatih asing semua," kata Danurwindo.

Saat ini, baru ada 20 pelatih asal Indonesia yang mempunyai lisensi AFC Pro. Yakni, Rudy, Djajang Nurdjaman, Bambang Nurdiansyah, Aji Santoso, Wolfgang Pikal, Priyambada, Joko Susilo, Liestiadi, Hanafing, Tony Ho, Emral Abus, Rahmad Darmawan, Iwan Setiawan, Nil Maizar, Indra Sjafri, Widodo Cahyono Putro, Yeyen Tumena, Mundari Karya, Yunan Helmi, Syafrianto Rusli, dan Seto Nurdiantoro.

Masalah lisensi kepelatihan ini mencuat usai Stefano ‘Teco’ Cugurra tak bisa mendampingi Bali United di Liga Champions. Lisensi kepelatihan pelatih Brasil itu tak sesuai dengan standar AFC, minimal AFC Pro. *

Komentar