nusabali

Dies Natalis Ke-27 Undiksha, Gapai Target Universitas Bereputasi Internasional

  • www.nusabali.com-dies-natalis-ke-27-undiksha-gapai-target-universitas-bereputasi-internasional

Undiksha mempersiapkan diri sebagai universitas yang bereputasi di dunia, dengan maskot program di tahun 2020, yakni, internationalization at home.

SINGARAJA, NusaBali

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Kamis (16/1/2020), menggelar puncak perayaan Dies Natalis ke-27. Puncak perayaan hari jadi itu diawali dengan rapat senat terbuka di ruang Audotorium Undiksha.  Rektor Undiksha, Prof Dr I Nyoman Jampel  MPd, mengatakan, dalam setahun terakhir, Undiksha di bawah kendalinya pada kepemimpinan periode kedua sudah banyak melakukan perubahan, baik secara lembaga maupun SDM civitas akademika. Peningkatan akreditasi lembaga juga dibarengi dengan peraihan prestasi mahasiswa dan dosennya dalam bidang akademik dan non akademik.

Bahkan untuk rencana jangka pendek 2020 Undiksha masih memaksimalkan program internasionalization at home-nya, dengan mengirimkan mahasiswa belajar di luar negeri dan juga menerima mahasiswa asing belajar di Buleleng. “Bagaimana agar orang luar negeri mau belajar di kita dan mengharapkan mereka mengikuti kuliah reguler. Ini sudah dirancang sejak tahun 2019. Saat ini sudah semakin banyak mahasiswa asing yang kita terima di sini dengan semakin banyak kerjasama dengan negara lain kita MoU-kan,” ucap dia.

Hal ini pun masih terus dikejar oleh Prof Jampel dan Undiksha, karena program tersebut sangat menguntungkan Undiksha dari segi output lulusan dan reputasi lembaga pada khususnya. “Arah ke depan jadi trendsetter, menjadi international reputable university dan ini kita rancang, siapkan SDM kita, kita penuhi kelengkapan sarana prasarana, tingkatkan kualitas dosen dan karyawan dalam penguasaan TI dan bahasa asing,” jelas Prof Jampel.

Di usia Undiksha yang ke-27 tahun saat ini juga tetap difokuskan peningkatan tupoksi sebagai Perguruan Tinggi (PT) dengan melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi-nya. Meliputi proses pendidikan dan pengajaran yang baik. Penelitian yang berhilirisasi pada kemudahan masyarakat, dan melakukan pengabdian yang memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, pamucuk Universitas Undiksha juga memberikan hibah kepada dosen yang rutin melakukan peneliti dan me,buat, mengunggah jurnalnya di Scopus.

Penghargaan yang diberikan kepada dosen dan fakultas berprestasi merupakan rangsangan untuk dosen dan fakultas lainnya semakin giat melakukan tupoksinya. “Walaupun besaran uangnya tak seberapa, saya pikir penghargaan ini sebagai pengakuan lembaga dan kebanggaan tersendiri bagi pribadi dosen untuk terus bersemangat.”

Sementara itu Wakil Bupati Buleleng, dr I Nyoman Sutjidra SpOG, mengucapkan selamat atas capaian Undiksha di umur yang semakin matang. Sutjidra pun berharap sinergitas antara Pemkab Buleleng dengan Undiksha yang sudah terjalin baik saat ini terus dipertahankan. “Harapan kami Undiksha bisa mencetak lebih banyak SDM yang berkualitas  untuk bisa membantu pembangunan di Kabupaten Buleleng ini,” harap Wabup Sutjidra.*k23

loading...

Komentar