nusabali

KK Miskin Digelontor Bedah Rumah Rp 3,5 M

  • www.nusabali.com-kk-miskin-digelontor-bedah-rumah-rp-35-m

Pemkab Klungkung menggelontor dana Rp 3,5 miliar untuk program bedah rumah 110 unit pada tahun 2020.

SEMARAPURA, NusaBali
110 unit rumah itu di Kecamatan Klungkung 22 unit, Kecamatan Banjarangkan 32 unit, Kecamatan Dawan 9 unit, Kecamatan Nusa Penida 47 unit.

“Rencana awal untuk bantuan bedah rumah Rp 3.535.000.000 untuk tahun 2020,” ujar Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung Ida Bagus Anom Adnyana, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/1).

Jelas Anom Adnyana, penerima bantuan tersebut sudah diusulkan oleh masing-masing desa maupun kelurahan tahun 2019. Usulan ini akan direalisasikan tahun ini. Semua penerima bantuan ini sudah melalui tahap verifikasi dan masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Disebutkan, selain warga yang terdata dari DTKS, juga ada warga yang layak dibantu bedah rumah. Sehingga petugas akan memverifikasi ke lapangan untuk menyetor data dan gambaran di lapangan ke Pusat. “Yang memasukkan warga ke DTKS adalah pihak Pusat,” ujar Anom Adnyana.

Kata dia, bata penerima bantuan bedah rumah maupun rehab rumah bisa berubah. Perubahan karena bisa ada tambahan, misalnya karena ada keluarga kurang mampu yang menikah kemudian mempunyai lahan. Namun tidak bisa membangun karena tidak memiliki uang, maka otomatis keluarga yang bersangkutan tidak memiliki rumah. Ada juga data yang berkurang karena KK miskin itu bisa mendapat bantuan bedah rumah dari Pusat atau CSR, maupun dari keluarganya yang sudah mapan. “Kami juga sudah berkoordinasi dengan aparat desa maupun lurah,” ujarnya.

Berdasarkan data per Oktober 2019, di Klungkung 14.319 KK sudah masuk DTKS. Mereka tergolong warga tidak punya rumah, cacat fisik tetap, dan lainnya. Tahun 2019 Pemkab memberikan bantuan bedah rumah Rp 3.530.000.000 untuk 109 unit bedah rumah.*wan

loading...

Komentar