nusabali

Diterjang Angin, Mahoni Tumbang ke Jalan

  • www.nusabali.com-diterjang-angin-mahoni-tumbang-ke-jalan

Pohon mahoni setinggi 8 meter dengan diameter 30 cm tumbang ke Jalan Ahmad Yani Amlapura, Senin (13/1) malam.

AMLAPURA, NusaBali
Bencana pohon tumbang dilaporkan ke BPBD Karangasem oleh Joni yang kebetulan melintas. BPBD langsung melakukan penanganan dipimpin Kepala Pelaksana BPBD Ida Ketut Arimbawa didampingi Sekretaris I Putu Eka Tirtana dan Kasi Kedaruratan dan Logistik Ni Wayan Asmi Sukmawati. Sementara anggota Polsek Karangasem dan Satuan Lalulintas Polres Karangasem mengatur lalulintas selama evakuasi pohon tumbang.

Ida Ketut Arimbawa mengatakan, saat pohon tumbang arus lalulintas sepi. Pohon tumbang disebabkan oleh angin kencang. Pihaknya mengaku telah berkali-kali melayangkan surat imbauan agar pemilik pohon yang tumbuh di pinggir jalan, terutama yang telah berusia tua, agar ditebang. Tujuannya agar tidak membahayakan pengendara yang melintas.

Jika dibiarkan pohon itu tumbang, sesuai keyakinan tidak bisa digunakan untuk bahan bangunan, hanya bisa digunakan untuk kayu bakar. "Saya sudah layangkan surat imbauan ke delapan Kantor Camat se-Karangasem, namun belum ada respons. Jika ada warga dengan kesadarannya sendiri mau menebang pohon, kami siap membantu menebang," katanya. Menurutnya, terlihat ada beberapa pohon disambar petir, terutama pohon kelapa. Indikasinya, pohon itu tanpa daun hanya tinggal batang saja, namun tidak ditebang pemiliknya. *k16

loading...

Komentar