nusabali

Polresta Selidiki Kebakaran di Trans Studio Mall

Pasca Neonbox Terbakar, Kemarin Dibuka Normal

  • www.nusabali.com-polresta-selidiki-kebakaran-di-trans-studio-mall

Polresta Denpasar menyelidiki kasus kebakaran yang terjadi di Trans Studio Mall (TSM) Bali di Jalan Imam Bonjol, Denpasar, Senin (13/1) malam.

DENPASAR, NusaBali

"Untuk unsur pidananya, masih proses lidik. Dugaan sementara kebakaran tersebut disebabkan karena korsleting arus listrik pada panel instalasi listrik neon box di sana," kata Kasat Reskrim Polresta Denpasar Kompol I Wayan Arta Ariawan di Denpasar, Selasa (14/1).Menurut Kompol Arta Ariawan, tidak ditemukan korban jiwa maupun korban luka dari kebakaran tersebut. Adapun kerugian materiel dari pihak mal akibat kebakaran tersebut kurang lebih Rp20 juta. Personel yang diturunkan, di antaranya anggota Polresta Denpasar beserta Inafis, Polsek Denpasar Barat, dan petugas laboratorium forensik.

Kebakaran pada neon box tersebut terjadi Senin (13/1) sekitar pukul 22.00 Wita bertempat di lantai V, tepat depan wahana roller coaster. "Jadi, sekitar pukul 22.03 wita saksi yang bekerja sebagai satpam tersebut sedang berada di area lobi, kemudian satpam lainnya yang saat itu bertugas mengatur lalu lintas berteriak 'korsleting listrik', melihat neon box yang terbakar, lalu pihaknya memandu jajaran satpam untuk evakuasi," katanya menjelaskan.

Api saat itu dapat dipadamkan dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR ) dan hydrant sehingga api tidak menyebar ke area yang lainnya.

Selain itu, Kepala Pelaksana BPBD Denpasar Ida Bagus Joni Arimbawa mengatakan bahwa pihaknya telah mengerahkan personel untuk melakukan pemadaman bersama Tim BPBD dengan hidran yang tersedia di TKP dan pemadaman telah selesai sekitar pukul 23.00. "Iya, jadi di TKP ada enam personel BPBD Denpasar dibantu petugas keselamatan dari pihak mal tersebut, beserta jajaran pihak kepolisian," ucapnya.

Sementara itu, TSM Bali tetap dibuka normal pada Selasa (14/1) kemarin. Peristiwa kebakaran yang sempat membuat kepanikan terhadap orang seisi gedung tersebut tidak sampai menyebabkan gangguan terhadap operasional mall di lantai I maupun studio di lantai V.

Vice President Corporate Communication PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid dalam siaran persnya, Selasa (14/1), mengungkapkan, operasional Trans Studio Mall maupun Trans Studio Bali dibuka seperti biasanya sejak pukul 09.00 Wita pagi kemarin. Dikatakan, kebakaran yang terjadi tepat di depan wahana rool cooster di lantai V gedung tersebut tidak menyebabkan kerusakan parah. Pemadamannya pun berlangsung cepat dilakukan oleh satpam menggunakan hydrant dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

"Kejadian ini terjadi akibat korsleting listrik pada neonbox. Kejadiannya sekitar pukul 22.03 Wita. Api dapat dipadamkan pukul 22.18 Wita. Kondisinya telah kembali aman, kondusif dan normal. Untuk mall secara keseluruhan telah normal beroperasi pada pukul 10.00 Wita dan Transmart yang berada di dalamnya juga dibuka seperti biasa sejak pukul 09.00 Wita," tutur Satria Hamid. *ant, pol

loading...

Komentar