nusabali

10 DTW Sumbang Rp 4,8 Miliar PAD 2019

  • www.nusabali.com-10-dtw-sumbang-rp-48-miliar-pad-2019

Kunjungan wisatawan ke Buleleng di tahun 2019 mencapai 1,2 juta orang. Meningkat dari jumlah 850 ribu orang di tahun 2018.

SINGARAJA, NusaBali

Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng mengklaim kunjungan wisatawan di tahun 2019 mengalami peningkatan. Selain dibuktikan dengan jumlah yang terakumulasi di seluruh DTW yang ada di Buleleng juga diikuti dengan peningkatan sumbangan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2019 mencapai Rp 4,9 miliar.

Jumlah PAD dari sektor pariwisata itu dihasilkan dari 10 Daya Tarik Wisata (DTW) yang sudah bekerjasama dengan Pemkab Buleleng. Sepuluh DTW itu diantaranya Air Terjun Gitgit, Air Panas Banjar, Air Panas Banyuwedang, Air Terjun Melanting, Danau Buyan, Air Terjun Bertingkar, Air Terjun Campuhan, Air Terjun Sekumpul, Air Terjun Les dan Danau Tamblingan. Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, Nyoman Sutrisna mengatakan jumlah sebenarnya Buleleng sudah menetapkan 86 DTW yang sudah di SK-kan oleh Bupati Buleleng.

Namun sejauh ini baru 10 DTW yang bekerjasama dalam hal retribusi sektor pariwisata. Peningkatan jumlah PAD sektor pariwisata disebut sangat signifikan. Sesuai data Dinas Pariwisata Buleleng peningkatan PAD dari tahun 2018 ke tahun 2019 mencapai Rp 1 miliar lebih. ”Sangat siginifkan dari tahun 2016 yang hanya Rp 750 juta, 2018 meningkat menjadi Rp 3 miliar dan tahun kemarin Rp 4,9 miliar,” ujar Sutrisna.

Sutrisna pun memaparkan kunjungan wisatawan ke Buleleng di tahun 2019 mencapai 1,2 juta orang. Meningkat dari jumlah 850 ribu orang di tahun 2018. Hanya saja Kadis Sutrisna tak menampik jika lama kunjungan rata-rata wisatawan ke Buleleng masih stagnan, yakni hanya 2 hari rata-rata.

Terkait hal tersebut Sutrisna pun mengatakan jika Buleleng masih perlu melakukan pembenahan di segi atraksi di masing-masing DTW, sehingga dapat menarik wisatawan yang berkunjung lebih lama. Selain juga peningkatan kualitas hotel dan homestay di Buleleng. termasuk pembinaan atraksi seni, budaya dan alam yang perlu ditingkatkan. Pengembangan pariwisata juga diharapkan tak merombak kondisi lingkungann seluruhnya, tetapi lebih menekankan pada konservasi dan local genus setempat yang dpaat menjadi nilai jual pariwisata. Sementara itu dengan capaian target tahun ini yang sudah melebihi target, di tahun 2020 Dispar Buleleng memasang target kunjungan wisata mencapai 1.400.000 juta wisatawan.*k23

Komentar