nusabali

Coach Teco Mendadak Digantikan Emral Abus, Ada Apa?

  • www.nusabali.com-coach-teco-mendadak-digantikan-emral-abus-ada-apa

Nama pelatih Emral Abus tiba-tiba dijadikan pelatih kepala Bali United hanya dua hari menjelang laga melawan Tampines Rovers di Singapura.

DENPASAR, NusaBali.com
Menjelang laga pertama babak kualifikasi Liga Champions Asia 2020, Selasa (13/1/2020), kabar mengejutkan datang dari manajemen Bali United. Juara Liga 1 musim 2019 ini mengumumkan Emral Abus bakal menggantikan Stefano 'Teco' Cugurra sebagai pelatih kepala pada kompetisi Liga Champions Asia tahun ini.  "Ya, untuk kompetisi Asian Champions League tahun ini, Coach Emral Abus akan menjabat sebagai pelatih kepala Bali United," ujar  CEO Bali United, Yabes Tanuri, Senin (13/1/2020). 

Dikutip pada laman Bali United, Yabes mengungkapkan keputusan ini diambil setelah ada persoalan lisensi kepelatihan yang dimiliki Teco. "Ada sedikit persoalan dari lisensi kepelatihan coach Teco yang membuatnya secara administrasi tidak bisa didaftarkan sebagai pelatih kepala. Jadi kami putuskan untuk memasukkan dan mendaftarkan coach Emral Abus sebagai pelatih kepala," sambungnya.

Diakui setelah mengetahui persoalan lisensi Teco, manajemen langsung bergerak mencari sosok pelatih yang sesuai dengan regulasi AFC, dan akhirnya dipilihlah Emral Abus. Emral Abus sendiri sudah bergabung dengan skuad Bali United di Singapura pada hari Minggu kemarin. “Walaupun begitu secara teknis tim tetap sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari coach Teco," tutur Yabes.

Yabes meyakini teknis permainan dengan dimasukkannya Emral Abus sebagai pelatih kepala di kompetisi Liga Champions Asia 2020 tidak akan mengganggu persiapan tim. "Kami rasa juga secara teknis permainan tidak akan mengganggu persiapan yang sudah dilakukan coach Teco selama ini," tutupnya.

Emral Abus sendiri adalah pelatih kelahiran Sumatra Barat, 20 Desember 1958 ini. Dalam kariernya, Emral lebih dikenal  sebagai instruktur pelatih, Emral telah melahirkan banyak pelatih sepakbola ternama di Indonesia, seperti Djadjang Nurdjaman, Indra Sjafri, Aji Santoso, Nil Maizar, Jafri Sastra, dan pelatih ternama lainnya.

Ia juga merupakan salah satu instruktur AFC di Indonesia. Emral Abus sempat ditunjuk sebagai pelatih Persib Bandung pada pertengahan musim kompetisi tahun 2017 lalu. Pada tahun 2015 lalu, ia juga menjabat sebagai pelatih kepala Persib saat berkiprah di Piala AFC 2015.*has

Komentar