nusabali

RAT Koperasi Berhadiah Godel

  • www.nusabali.com-rat-koperasi-berhadiah-godel


Koperasi Puja Artha Sedana di Banjar Susut, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem, menggelar RAT (Rapat Anggota Tahunan), Minggu (12/1).

AMLAPURA, NusaBali

RAT juga diisi pengundian doorprise dengan hadiah utama seekor godel (anak sapi). Penerima hadiah godel diharapkan dapat tambahan pendapatan setelah anak sapi itu tumbuh dan besar.

Ketua Koperasi Puja Artha Sedana yang juga Perbekel Desa Muncan, I Wayan Tunas mengatakan, RAT kali ini memberikan hadiah cukup unik bagi pemenang hadiah utama. “Godel itu seharga Rp 3 juta, tetapi jika dipelihara dan tumbuh besar nilainya bisa berlipat-lipat, seperti itulah semangat ekonomi desa kalau ingin maju, hendaknya melalui kerja keras,” jelas Wayan Tunas. Nasabah yang dapat godel yakni I Nyoman Dadi. Penyerahan hadiah godel disaksikan oleh Ketua Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) Karangasem I Gede Ngurah Indrayana dan undangan lainnya.

Wayan Tunas mengatakan, Koperasi Puja Artha Sedana yang bergerak di simpan pinjam berupaya selektif menyalurkan kredit. Nasabah yang dihimpun tidak banyak, tetapi semua nasabahnya produktif sehingga tidak ada kredit macet. Sementara pemberian godel untuk memotivasi nasabah agar lebih optimal memanfaatkan jasa koperasi. Apalagi nasabahnya kebanyakan petani sehingga godel sangat bermanfaat untuk menunjang mengolah lahan pertanian.

Ketua Dekopinda Karangasem, I Gede Ngurah Indrayana mengapresiasi inovasi Koperasi Puja Artha Sedana dengan memberikan hadiah godel kepada pemenang undian berhadiah. “Salah satu cara menarik nasabah, pengelola Koperasi mesti mampu melakukan inovasi,” katanya. Dikatakan, di tahun 2020 sebanyak 208 dari 335 koperasi wajib melaksanakan RAT. Selebihnya status koperasi ada yang kurang sehat, tidak aktif, dan beberapa ada yang tengah diusulkan untuk dibubarkan. Tercatat sejak 2 Januari 2020, telah delapan koperasi menggelar ART termasuk Koperasi Puja Artha Sedana. *k16

Komentar