nusabali

Dana Ogoh-ogoh di Badung Rp 40 Juta Per Sekaa Teruna

  • www.nusabali.com-dana-ogoh-ogoh-di-badung-rp-40-juta-per-sekaa-teruna

Bantuan dana peningkatan kreativitas sekaa teruna (ST) untuk pembuatan ogoh-ogoh di Kabupaten Badung di 2020 ini melonjak drastis.

MANGUPURA, NusaBali

Dari Rp 24 juta di tahun 2019, naik menjadi Rp 40 juta untuk masing-masing sekaa teruna. Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten I Gde Eka Sudarwitha, menegaskan bantuan dana peningkatan kreativitas ST mengalami peningkatan signifikan pada tahun 2020. “Per sekaa teruna akan diberikan uang sebesar Rp 40 juta dipotong pajak 15 persen. Di Badung total ada 534 sekaa teruna,” ungkapnya, Minggu (12/1).

Bahkan, besaran bantuan senilai Rp 40 juta tersebut sudah masuk dalam APBD Induk 2020. “Jadi, kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya ada peningkatan sekitar 40 persen atau mengalami peningkatan sebesar Rp 16 juta dari nominal sebelumnya sebesar Rp 24 juta dipotong pajak 15 persen,” papar mantan Camat Petang, ini.

Dengan adanya bantuan ini, Sudarwitha berharap semua ST dapat menyalurkan kreativitasnya dalam membuat ogoh-ogoh. Sebab, ogoh-ogoh ini juga akan diberikan penilaian mulai dari segi bahan, cara pembuatan hingga hasil akhirnya. Seperti biasanya, persyaratan umum yang harus dipenuhi dalam pembuatan ogoh-ogoh ini di antaranya adalah ogoh-ogoh harus menggambarkan sosok buta kala, berbahan alami yang ramah lingkungan, tinggi maksimal 5 meter.

“Ogoh-ogoh yang dilombakan juga tidak boleh bermuatan politik, tidak mengandung unsur pornografi, tidak berbau SARA,” tegasnya.

Mengenai kapan pencairan dana bantuan tersebut, Sudarwitha belum berani memastikan. Sebab, harus menunggu petunjuk dari pimpinan.

Walau begitu, seluruh ST se-Badung diminta untuk segera mengumpulkan kelengkapan administrasi seperti fotokopi rekening Bank BPD atas nama ST yang bersangkutan, KTP ketua ST, susunan pengurus ST, serta pengesahan lembaga. Kelengkapan administrasi ini harus sudah dikumpulkan paling lambat 15 Januari 2020. “Bila persyaratan sudah lengkap dan sudah ada petunjuk dari pimpinan, maka dana bisa dicairkan,” tandasnya. *asa

Komentar