nusabali

Diguyur Hujan, Pohon Perindang Tumbang

  • www.nusabali.com-diguyur-hujan-pohon-perindang-tumbang

Pohon albesia di jalur Amlapura-Denpasar, tepatnya di Bukit Sang Hyang Ambu, Banjar Belong, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, tumbang akibat diguyur hujan, Rabu (8/1) sekitar pukul 20.30 Wita.

AMLAPURA, NusaBali

Pohon perindang ini tumbang melintang di jalan menyebabkan kendaraan tak bisa melintas. Petugas BPBD mengevakuasi pohon tumbang selama 30 menit.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa turun bersama 6 anggotanya. Petugas langsung memotong akar dan batang pohon yang melintang di jalan dengan tiga chainsaw. Dikatakan, setiap musim hujan, jalur Bukit Sang Hyang Ambu rawan kiriman material tanah longsor dari puncak bukit dan pohon tumbang. Kebanyakan pohon yang tumbuh di atas batu karang rawan tumbang karena tanahnya terkikis.

Pohon yang tumbang kadang nyangkut di tebing bukit sehingga perlu mobil crane untuk evakuasi. “Paling rawan di tikungan kedua dan ketiga dari arah timur Banjar Belong,” jelas Ida Ketut Arimbawa didampingi Ketua Regu I I Gede Andi Pramandita, Kamis (9/1). Diakui, akibat pohon albesia tumbang di Banjar Belong, arus lalu lintas terhenti selama 30 menit. Pohon tumbang itu sepanjang 7 meter dengan diameter 70 cm. *k16

loading...

Komentar