nusabali

Rand Slam Usung Hip Hop Awal 90an Di Album Anyar Kedua, ‘9051’

  • www.nusabali.com-rand-slam-usung-hip-hop-awal-90an-di-album-anyar-kedua-9051

Salah satu track album ini, 'Mewaris Bara' sudah bisa didengarkan melalui beragam kanal digital.

DENPASAR, NusaBali.com
Rapper Rand Slam resmi merilis album kedua bertajuk '9051', tiga tahun setelah album pertama, Rimajinasi (2017). Perilisan '9051' diumumkan langsung oleh label rekaman independen asal Bandung yang menaungi album Rand Slam, Grimloc Records.

"Album kedua dari salah satu MC terbaik yang lahir dari generasi hip hop lokal hari ini," tulisnya Rabu (8/1/2020). Dirilis dalam format cakram padat, album ini juga lanjutan dari karya sebelumnya, EP (Johan, 2017).

Latar belakang dan perjalanan Rand Slam sebagai seorang keturunan Makassar, lahir dan besar di Papua dan merantau di Jawa, menghasilkan kelindan beragam narasi berbalut rima-rima kemarahan personal dan politikalnya.

Rand Slam, sebut Grimloc, merupakan MC handal yang menaruh kekuatan pada skill adiguna dalam mengolah kata dan menyusun rima. "Memilih pengandaian dan permainan kata, berakrobat dengan semantik pada rima dalam-rima luar," lanjutnya.

"Album ini merupakan dialog brutal perihal pencarian identitas, pertanyaan terhadap ketimpangan sosial, nasionalisme, relasi antar-ras dan tentunya perihal sejauh mana Bahasa Indonesia dapat dieksplorasi dalam hip hop," lanjutnya.

'9051' mengusung musik berpalet sonik era hip hop awal 90-an yang diproduseri oleh Morgue Vanguard dan Jaydawn. Album juga diwarnai dengan scratch DJ Evil Cutz, rima Krowbar pada satu lagu, Jason Ranti, hingga kontribusi salah satu beatmaker terbaik; Densky9.

Album yang berisi 12 track ini bisa didapatkan di sejumlah kanal resmi milik Grimloc Records. Salah satu single dalam album ini, 'Mewaris Bara' sudah bisa didengarkan melalui beragam kanal digital. Sedangkan track lainnya akan menyusul kemudian.

Komentar