nusabali

Bupati Giri Prasta Ajak Krama Utamakan Persatuan

Karya di Pura Pucak Pemarisuda dan Pura Subak Desa Adat Tiyingan

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-ajak-krama-utamakan-persatuan

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Karya Majabe Jero, Rsi Gana Medasar Caru Manca Sata Ngenteg Linggih lan Mendem Pedagingan Pura Pucak Pemarisuda dan Pura Subak Desa Adat Tiyingan, Desa Pelaga, Kecamatan Petang pada Buda Pon Tolu, Rabu (8/1).

MANGUPURA, NusaBali
Upacara ini diselenggarakan setelah pembangunan palinggih gedong, panyengker, senderan bale baris, pawaregan, bale kulkul serta penataan halaman pura subak Wana Sari, tuntas. Anggaran bersumber dari dana hibah Pemkab Badung tahun 2019 sebesar Rp 3 miliar.

Menurut Kelian Adat Banjar Tiyingan I Wayan Windra, Karya Majabe Jero, Rsi Gana Medasar Caru Manca Sata Ngenteg Linggih lan Mendem Pedagingan Pura Pucak Pemarisuda dan Pura Subak Desa Adat Tiyingan menghabiskan dana sebesar Rp 315 juta yang bersumber dari urunan krama. Rangkaian karya diawali dengan upacara nanceb Surya pada 24 Desember 2019, dilanjutkan dengan macaru Manca Kelud dan Rsi Gana pada 5 Januari 2020. Serta Melaspas Wewangunan lan Mendem Pedagingan pada 8 Januari 2019 yang dipuput oleh Ida Pedanda Grya Prabu dari Denkayu Mengwi. “Puncak karya Ngenteg Linggih dan Mendem Pedagingan akan kami selenggarakan pada 10 Januari 2020 mendatang,” katanya.

Bupati Giri Prasta dalam sambutannya mengajak krama Tiyingan untuk selalu mengutamakan persatuan agar segala kegiatan yang direncanakan bisa terlaksana dengan baik dan lancar. Krama diminta selalu berpegang teguh pada konsep Tri Hita Karana demi terciptanya kehidupan yang harmonis, damai, dan selaras.

“Kami selaku pimpinan Pemerintah Kabupaten Badung sudah mengimplementasikan konsep Tri Hita Karana ke dalam program nyata untuk menciptakan kebahagiaan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

“Dalam konteks hubungan manusia dengan Tuhan, Pemkab Badung selalu mensupport kegiatan di bidang keagamaan. Dalam konteks hubungan manusia dengan manusia Pemkab Badung menyelenggarakan program pendidikan dan kesehatan gratis untuk semua lapisan masyarakat. Dan dalam konteks hubungan manusia dengan lingkungan, kami juga sudah menggiatkan program gertak guna menciptakan lingkungan yang sehat bersih serta lestari,” papar Giri Prasta.

Bupati Giri Prasta juga berkesempatan ngaturang ayah mendem pedagingan di palinggih utama di Pura Pucak Pemarisuda. *

Komentar