nusabali

5 Jabatan Tanpa Tuan Segera Diisi Lewat Proses Lelang

  • www.nusabali.com-5-jabatan-tanpa-tuan-segera-diisi-lewat-proses-lelang

Tiga pejabat Eselon IIb Pemkab Buleleng bergeser posisi dalam mutasi yang dilakukan oleh Bupati Putu Agus Suradnyana di Lobi Atiti Wisma Kantor Bupati Buleleng, Jalan Pahlawan Singaraja, Rabu (8/1) pagi.

SINGARAJA, NusaBali

Termasuk di antaranya I Gede Dana, Kast Pol PP Buleleng dialihkan menjadi Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Buleleng.

Dalam mutasi yang dihadiri Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng Dewa Ketut Puspaka, dan segenap Pimpinan OPD lingkup Pemkab Buleleng, Rabu kemarin, total ada 287 pejabat struktural l Buleleng yang dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Agus Suradnyana. Dari 287 pejabat yang dilantik, 10 orang di antaranya pejabat Eselon IIb, sedangkan sisanya dari Eselon IVa (204 orang), dan Eselon IIIb (73 orang).

Perlu dicatat, dari 10 pejabat Eselon IIb yang dilantik kemarin 3 orang di antaranya perupakan pergeseran posisi (mutasi). Sedangkan sisanya, 7 pejabat hanya pengukuhan karena perubahan nomenklatur Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Selain Putu Dana yang digeser menjadi Sekwan DPRD Buleleng, 2 pejabat yang dilantik hasil mutasi kemarin adalah I Putu Artawan dan I Ketut Nerda.

Putu Artawan yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMP2TSP), dialihkan menjadi Kasat Pol PP Buleleng, menggantikan Putu Dana. Posisi Dinas PMP2TSP Buleleng sendiri masih dibiarkan kosong. Sementara I Ketut Nerdra yang tadinya menjabat Kadis Statistik, kemarin dialihkan menjadi Kepala Badan Litbang dan Inovasi Daerah Buleleng. Badan Litbang dan Inovasi Daerah ni merupakan lembaga baru hasil perubahan nomenklatur OPD.

Dalam nomenklatur kelembagaan tersebut, tercatat ada 3 OPD yang dilebur. Pertama, Dinas Koperasi dan UKM yang digabung dengan Dinas Perindag, menjadi Dinas Perindag, Koperasi, dan UKM. Kedua, Dinas Ketahanan Pangan dilebur dengan Dinas Perikanan menjadi Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Buleleng. Ketiga, Dinas Statistik yahg dilebur ke Dinas Infokom dan Persandian Buleleng.

Sementara, 7 pejabat yang dilantik kembali dengan perubahan nomenklatur OPD, masing-masing Dewa Made Sudiarta (menjadai kadis Perindag, Kopersai, dan UKM), I Ketut Suweca (menjadi Kadis Ifokom dan Persandian), I Nyoman Genep (menjadi Kepala Bappeda Buleleng), I Putu Karuna (menjadi Asisten Pemerintahan dan Kesejahtraan Setda Buleleng), Ni Made Rousmini (menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Buleleng), dan I Gede Suyasa (menjadi Asisten Ad-ministrasi Umum Setda Buleleng).

Dalam mutasi kemarin, posisi Camat Banjar yang kosong karena pejabatnya pensiun, dipercayakan kepada I Gede Arya Suardana. Sebelumnya, Gede Arya Suardana menjabat Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Sawan.

Setelah mutasi kemarin, tercatat ada 5 jabatan Eselon IIb yang lowong dan nantinya akan dilakukan pengisian melalui proses lelang (seleksi terbuka). Kelima jabatan tanpa tuan itu, masing-masing Kadis PUPR Buleleng, Kadis Ketahanan dan Periklanan Buleleng, Kadis PMP2TSP Buleleng, Kadis Kebudayaan Buleleng, dan Kadis Pariwisata Buleleng. Sebagian dari 5 OPD ini tanpa tuan, karena pejabat sebelumnya pensiun, seperti pensiunnya Kadis Pariwisaya I Gede Komang.

Menurut Bupati Agus Suradnyana, mutasi yang lebih besar akan dilakukan Maret 2020 mendatang. Saat itu pula sekalian dilakukan pelantikan Sekda Buleleng hasil proses lelang, yakni I Gede Suyasa (yang kemarin dilantik menjadi Asisten Administrasi Umum Setda Buleleng). “Mutasi sekarang ini belum seberapa. Nanti akan ada lagi yang lebih besar, Maret mendatang,” jelas Bupati Agus Suradnyana seusai pelantikan pejabat hasil mutasi, Rabu kemarin.

Menyusul rencana tersebut, Bupati Agus Suradnyana meminta agar jabatan yang kosong segera dilakukan pengisian melaluio proses lelang, sehingga pelantikannya nanti bisa dilakukan sekalian. “Jabatan yang masih kosong, saya sudah minta agar segera diproses melalui lelang jabatan. Nanti Maret pejabat yang terpilih sudah bisa dilantik,” terang Bupati yang juga Ketua DPC PDIP Buleleng ini.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Buleleng, Gede Wisnawa, menyebutkan proses lelang 5 jabatan lowong tersebut akan segera dilakukan. Pihaknya sudah menyiapkan Tim Pansel (Panitia Seleksi). “Minggu depan kami sudah mulai bergerak, paling tidak tahap pembentukan Tim Pansel dulu,” tandas Gede Wisnawa. *k19

loading...

Komentar