nusabali

BPBD Bali Tegaskan Pentingnya Kolaborasi Antar Lembaga

  • www.nusabali.com-bpbd-bali-tegaskan-pentingnya-kolaborasi-antar-lembaga

Menyikapi penanggulangan bencana, setiap komponen memiliki peran masing-masing dan saling menguatkan.

DENPASAR, NusaBali.com

Awal tahun 2020, Bali menghadapi cuaca ekstrem disertai hujan dengan intensitas tinggi. Dampak yang ditimbulkan berupa petir, tanah longsor, banjir, gelombang tinggi, dan angin kencang yang mengakibatkan banyak pohon tumbang di beberapa titik.  Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bali, I Made Rentin menyebutkan kolaborasi antar lembaga menjadi mutlak dibutuhkan dalam penanggulangan kebencanaan. "Setiap komponen memiliki peran masing-masing dan saling menguatkan baik dari unsur pemerintah, dunia usaha, masyarakat, akademisi dan media massa," sebutnya dalam keterangan resmi yang diterima NusaBali.com.

Ia menambahkan kesiapan peralatan, baik sarana prasarana, logistik serta sumber daya manusia dalam kesiapsiagaan bencana menjadi salah satu prioritas BPBD Bali. Posko siaga cuaca ekstrem dan musim hujan dibangun untuk mengkonsolidasikan dan mensinergikan potensi dan peran antar lembaga. "Pencegahan dan penanganan bencana alam, tidak bisa dilakukan oleh satu pihak. Dalam hal ini, pentahelix adalah sebuah jawaban baik di pra, saat maupun pasca bencana dengan tetap mengedepankan kearifan lokal” kata Rentin, Selasa (7/1/2020). 

Ia juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada akan bencana yang dapat terjadi kapanpun. Selain itu, masyarakat diharapkan  dapat melakukan upaya mandiri (evakuasi dan menghindar). Jika ada potensi ancaman bencana masyarakat diminta selalu mengikuti update informasi yang resmi, dan hubungi call center BPBD Bali & BPBD Kab/Kota se-Bali.

Jika terjadi kebencanaan, Made Rentin berjanji akan selalu konsisten merangkul media sebagai unsur pentahelix, selalu siap 24 jam jika diminta data, informasi, juga konfirmasi berbagai kejadian bencana. “Kami menyadari peran penting dan strategis rekan-rekan media, baik dalam menyebarluaskan informasi juga melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, serta sekaligus menjalankan fungsi kontrol,” tutupnya.*has

Komentar