nusabali

Sinkhole Muncul di Lahan Pertanian Gunungkidul

  • www.nusabali.com-sinkhole-muncul-di-lahan-pertanian-gunungkidul

Lahan pertanian warga di Dusun Karangawen, Desa Karangawen, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, tiba-tiba berlubang.

YOGYAKARTA, NusaBali

Lubang tanah atau sinkhole muncul saat hujan deras mengguyur wilayah Girisubo Jumat (3/1). Kepala Dusun Karangawen Yuono mengatakan, lubang muncul di tanah milik Jumadi diketahui pertama kali pada Sabtu (4/1) pagi.

"Saat sampai di sini sudah berlubang. Memang pada hari Jumat hujan deras dan warga menemukannya paginya (Sabtu)," Katanya saat ditemui di lokasi Senin (6/1).

Menurut dia, tanah ambles memiliki lebar sekitar 3 meter dengan kedalaman 5 meter. Dari pengamatan di lokasi, tanah garapan yang terletak tidak jauh dari telaga itu ditanami padi. Di sekitar lubang belum diberikan pengaman.

Sekitar 20 meter dari lokasi, bekas lubang yang muncul pada 2018 sudah ditanami rumput gajah oleh pemiliknya.

"Tahun ini baru terjadi satu kali, itu yang tahun 2018 lalu tidak jauh dari sini. Memang di sini dulunya ada luweng (sumur) yang berada di dekat telaga itu. Tetapi sudah tertutup tanah, mungkin satu jalur ya," ucapnya.

Menurut Yuono, dalam beberapa tahun terakhir di ladang Dusun Karangawen sudah muncul lima lubang. Kini bekas tanah yang berlubang itu sudah ditanami tumbuhan, agar tidak didekati petani.

"Untuk aktivitas tidak ada masalah, nanti akan diberi pengaman agar tidak kembali ambrol," ujarnya.

Tanah ambles pada 2018 ditanami pisang oleh pemiliknya. Tak jauh dari lokasi terdapat papan imbauan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) jika daerah tersebut rawan ambles.

BPBD Gunungkidul mencatat ada 33 temuan sinkhole sejak tahun 2018 hingga saat ini. "Untuk tahun 2018 ada temuan 32 titik sinkhole di Gunungkidul, terus tahun 2019 tidak ada temuan (sinkhole)," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki saat ditemui di ruangannya, Kantor PBD Kabupaten Gunungkidul, Senin (6/1).

Edi menjelaskan 32 titik tersebut di antaranya berada di Kecamatan Semanu, Rongkop, Ponjong Girisubo, Purwosari, Tanjungsari, Saptosari dan Paliyan. Sedangkan temuan sinkhole paling banyak berada di Kecamatan Rongkop.

Menyoal tidak adanya temuan sinkhole pada tahun 2019, Edy mengaku karena tahun lalu mengalami musim kemarau panjang. Hujan di Gunungkidul baru turun pada Desember 2019. Sedangkan sinkhole muncul akibat intensitas curah hujan yang tinggi. *

loading...

Komentar