nusabali

Sedana Arta Ngaku Belum Dipanggil DPP

Rekomendasi Pilkada akan Diumumkan Saat Rakernas PDIP

  • www.nusabali.com-sedana-arta-ngaku-belum-dipanggil-dpp

Sedana Arta menegaskan siapapun nantinya yang akan direkomendasikan dipastikan seluruh jajaran PDIP Bangli siap mengamankan dan memenangkan.

BANGLI, NusaBali

Wakil Ketua Bidang Pertanian dan Kelautan DPP PDIP, I Made Urip, sebelumnya menyampaikan kandidat Calon Bupati (Cabup)-Calon Wakil Bupati (Cawabup) dan Calon Walikota (Cawali)-Calon Wakil Walikota (Cawawali)  yang akan memperoleh rekomendasi untuk tarung di Pilkada 2020 terlebih dulu bakal dipanggil DPP PDIP. Terkait hal tersebut kandidat Calon Bupati (Cabup) Bangli yang juga Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, mengaku belum mendapat panggilan hingga saat ini. Begitu pula dengan kandidat lainnya yang melamar di PDIP.

Seperti diketahui sebelumnya PDIP Bangli telah membuka penjaringan Cabup-Cawabup. Untuk Cabup adalah Sang Nyoman Sedana Arta, sedangkan untuk posisi Cawabup ada empat pelamar, yakni I Wayan Diar, Gede Mangun, Wayan Artom Krisna Putra dan I Made Subrata. Hanya saja dalam prosesnya Made Subrata mengundurkan diri dari proses penjaringan dan kini sudah menjadi kader Partai Golkar Bangli.

Dengan mundurnya Made Subrata yang juga adik Bupati Bangli, I Made Gianyar, ini posisi Cawabup kini jumlah pelamarnya tersisa tiga orang, yakni I Wayan Diar, Gede Mangun dan Wayan Artom Krisna Putra. Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, mengaku hingga saat ini belum ada panggilan dari DPP PDIP. “Terkait rekomendasi kami masih menunggu, seperti pemberitaan bahwa kandidat yang akan mendapat rekomendasi akan dipanggil terlebih dahulu. Memang sampai saat ini kami belum menerima informasi/panggilan,” ungkapnya, Senin (6/1).

Menurut Sedana Arta dalam waktu dekat akan dilangsungkan Rakernas PDIP di Jakarta, kemungkinan saat itu akan diumumkan rekomendasi. Politisi asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini mengatakan nantinya seluruh fungsionaris akan berangkat pada 9 Januari untuk menghadiri Rakernas di Jakarta. Kemudian setelah rekomendasi diputuskan pada akhir Januari nanti diagendakan dilaksanakan Rakercabsus DPC PDIP Bangli.

“Untuk rekomendasi merupakan hak prerogatif Ketua Umum ibu Megawati apakah nantinya akan diumumkan pada Rakernas atau menunggu waktu yang lain. Jika dalam waktu dekat ini sudah turun rekomendasi maka nanti akan ditindaklanjuti lewat Rakercabsus,” jelasnya.

Dalam Rakercabsus akan dibahas langkah dan strategi untuk pemenangan Pilkada 2020. Rakercabsus akan melibatkan seluruh jajaran partai mulai dari tingkat desa hingga DPC. Wakil Bupati Bangli dua periode (2010-2015 dan 2015-2020) ini menegaskan siapapun nantinya yang akan direkomendasikan dipastikan seluruh jajaran PDIP Bangli siap mengamankan dan memenangkan calon. “Apapun nantinya keputusan ketua umum, kami siap mengamankan dan memenangkan calon yang direkomendasi,” ujarnya.

Disinggung terkait calon yang direkomendasi apakah mungkin dari luar kandidat yang telah mendaftar, Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan hal tersebut mungkin saja terjadi. Dalam hal ini seluruh keputusan ada di tangan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri. “Pada prinsipnya kami siap mengamankan dan memenangkan calon yang direkomendasi,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan DPP PDIP berencana umumkan rekomendasi paket calon untuk Pilkada 2020 serentak saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP di Jakarta, 9-10 Januari 2020 depan. Sebelum rekomendasi diturunkan, para Calon Bupati (Cabup)-Calon Wakil Bupati (Cawabup) dan Calon Walikota (Cawali)-Calon Wakil Walikota (Cawawali) rencananya akan dipanggil dulu ke DPP PDIP.

“Ya, sebelum penyerahan rekomendasi paket calon, mereka yang akan memperoleh rekomendasi terlebih dulu bakal dipanggil DPP PDIP. Mereka akan dipanggil menyangkut kesiapannya bertarung di Pilkada 2020,” ungkap Wakil Ketua Bidang Pertanian dan Kelautan DPP PDIP, I Made Urip, kepada NusaBali di Denpasar, Sabtu (4/1) siang. 

Made Urip menyebutkan, Rakernas PDIP di Jakarta nanti salah satu agendanya adalah membahas strategi pemenangan menghadapi Pilkada 2020. Saat itulah rekomendasi paket calon untuk Pilkada 2020 serentak 6 daerah di Bali akan diserahkan DPP PDIP.

Paket calon yang akan diserahkan adalah pasangan Cabup-Cawabup Badung, Cabup-Cawabup Tabanan, Cabup-Cawabup Jembrana, Cabup-Cawabup Karangasem, Cabup-Cawabup Bangli, dan Cawali-Cawawali Denpasar. “Rekomendasi paket calon untuk Pilkada 6 daerah di Bali akan diserahkan serentak dengan pasangan calon untuk 38 daerah lainnya se-Indonesia,” tandas politisi senior asal Desa Tua, Kecamatan Marga, Tabanan yang juga Korwil Bali DPP PDIP ini. Setelah penyerahan rekomendasi paket calon, akan ditindaklanjuti dengan pe-laksanaan Rakercabsus PDIP Kabupaten/Kota se-Bali. *esa

loading...

Komentar