nusabali

Wayan Sukadana: Berat Jika Bali United Jadi Tim Musafir

  • www.nusabali.com-wayan-sukadana-berat-jika-bali-united-jadi-tim-musafir

Tanpa dukungan suporter di kandang sendiri, Bali United terancam bakal melempem.

MANGUPURA, NusaBali.com
Musim 2020 bakal menjadi musim yang penuh tantangan bagi Bali United. Stadion I Wayan Dipta Gianyar yang menjadi kandang Bali United kabarnya bakal direnovasi besar-besaran untuk menyambut Piala Dunia U-20 tahun 2021. Sebaliknya Stadion Ngurah Rai Denpasar yang dicanangkan menjadi rumah kedua Bali United juga belum mendapat kepastian kapan akan direnovasi. 

Bali United pun dikabarkan bakal menggunakan Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat sebagai kandang sementara. Padahal musim 2020 ada banyak kompetisi yang bakal diikuti oleh Bali United. Di antaranya adalah Liga 1, Playoff ACL, AFC Cup, Piala Indonesia, Piala Presiden, dan ASEAN Club Championship. Hal ini menjadikan Skuad Serdadu Tridatu menyandang status tim musafir. 

Pengamat persepakbolaan di Bali, Wayan Sukadana menilai status ini merupakan tantangan yang sangat berat bagi Bali United. "Menjadi tim musafir adalah tantangan yang berat untuk Bali United musim ini," ujarnya saat ditemui NusaBali.com di kediamannya di Canggu, Badung.

Ia menganggap kehadiran suporter di kandang sangat berpengaruh pada pertandingan-pertandingan yang dijalani Skuad Serdadu Tridatu. "Seperti tim lainnya, suporter sudah seperti pemain ke-12 untuk Bali United. Dukungan mereka membuat pemain lebih termotivasi," sambungnya.

Sukadana yang pernah menjadi pemain sepakbola profesional selama hampir satu dekade pun merasakan hal yang sama. "Atmosfir pertandingan dengan atau tanpa kehadiran suporter sangat berbeda. Begitu ada suporter, kami jadi lebih bersemangat. Taksunya luar biasa," kenang mantan kapten Persegi Gianyar ini.

Bahkan ia menilai belum ada tim musafir yang tetap gemilang pencapaiannya. "Hampir semua tim musafir seperti itu, tanpa suporter bakal melempem. Termasuk juga tim-tim besar seperti Persebaya, Persib, Persija," ungkapnya

Karena itu ia berharap tim asuhan Stefano ‘Teco’ Cugurra memiliki motivasi lebih menjalani musim ini. "Harus ada motivasi yang kuat dari para pemain itu sendiri. Juga bagaimana manajemen tim untuk memotivasi mereka. Tanpa dukungan langsung suporter itu saya rasa motivasi pemain akan berkurang," tutupnya.*has

Komentar