nusabali

Polres Atensi Tahapan Pilkel Serentak

  • www.nusabali.com-polres-atensi-tahapan-pilkel-serentak

Seperti halnya Pilkada, Polres Gianyar akan mengatensi keamanan pelaksanaan Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak tahun 2020.

GIANYAR, NusaBali

Terlebih saat ini telah memasuki tahap kampanye dari 29 desa yang akan melakukan Pilkel. Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana menyampaikan telah mengintruksikan kepada anggotanya untuk melakukan atensi terhadap setiap tahapan pilkel serentak tahun ini. “Kami atensi khusus kegiatan pilkel di setiap tahapan.  Khususnya pada saat tahap pencoblosan nanti, akan dilaksanakan pengamanan secara maksimal,” jelasnya, Minggu (5/1).

Sampai saat ini, pihaknya belum mendeteksi adanya indikasi daerah yang rawan dalam perhelatan pilkel serentak tahun ini. Karena masyarakat sudah berangsur dewasa dalam berpolitik. “Tapi, kami tetap berikan atensi khusus sebagai bagian dari pengamanan,” ujar pria asli Klungkung ini.

Terkait jumlah personel yang ditugaskan dalam pengamanan tahapan kempanye, dia mengaku masih bersifat dinamis dan fleksibel. Hal itu dikatakan tergantung situasi di lapangan. Jika saat kampanye masanya banyak, petugas pun akan ditambah. “Jumlahnya masih dinamis dan fleksibel, nanti kita sesuaikan dengan situasi di lapangan,” imbuhnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar menjaga kondusifitas. Supaya dalam pilkel serentak ini tidak ada situasi yang dapat merugikan diri sendiri dan masyarakat umum. “Gianyar kan daerah pariwisata, mohon kondusifitasnya tetap dijaga agar tidak merugikan kita semua,” tandasnya.

Pemilihan perbekel tahun 2020 dilakukan oleh  29 desa di Gianyar. Tahapannya dimulai Oktober 2019, kampanye pada 30/12/ 2019 - 15/01/2020. Pemilihan secara serentak akan dilakukan 19 Januari 2020. 29 desa yang mengikuti pilkel serentak tersebar di tujuh kecamatan. Kecamatan Sukawati 7 desa, Gianyar 4 desa, Blahbatuh 4 desa, Payangan 5 desa, Tegallalang 4 desa, Ubud 3 desa dan Tampaksiring 2 desa. *nvi

Komentar