nusabali

Wagub Cok Ace Ngayah Nopeng Sidakarya di Belayu

  • www.nusabali.com-wagub-cok-ace-ngayah-nopeng-sidakarya-di-belayu

Di tengah-tengah kesibukan menjalankan tugas-tugas bidang pemerintahan karena menjabat Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace, tetap berusaha ngayah menari Bali.

TABANAN, NusaBali  

Ngayah menari ini sebagaimana kebiasaan yang dilakoni sejak kecil di wilayah kelahirannya, Ubud, Gianyar.

Hal itu tersirat saat Wagub Cok Ace ngayah menari Topeng Sidakarya pada Karya Padudusan Agung lan Mupuk Pedagingan di Pura Pengastan Belayu, Desa Belayu, Kecamatan Marga, Tabanan, Sukra Pon Kulantir, Jumat (3/1).

Tari Topeng Sidakarya, sebegaimana dilakoni Cok Ace, merupakan persembahan tari wali utama
dalam setiap pelaksanaan Dewa Yadnya, khususnya karya. Tari ini sebagai simbol kelancaran  dan kesuksesan sebuah upacara besar Hindu di Bali.

Di sela-sela ngayah menari, Cok Ace mengatakan, Topeng Sidhakarya selain sebagai tari sacral atau wali, juga sebagai suatu simbolis pengusir bhutakala agar tidak mengganggu pelaksanaan yadnya atau nyomya Bhutakala. Harapannya Butha menjadi Dewa yang dapat membantu pelaksanaan segenap tahapan yadnya. "Oleh karena itu, seni Tari Topeng Sidhakarya ini sangat dirawat dan dilestarikan oleh krama Bali. Persembahan tari topeng ini juga merupakan penjaga keseimbangan nyata secara sekala dan niskala" ungkap Cok Ace.*

Komentar