nusabali

9 Jabatan Eselon IIIa Lowong

  • www.nusabali.com-9-jabatan-eselon-iiia-lowong

Calon pejabat masih digodok menyangkut kepangkatan, masa kerja, umur, dan prestasi

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 9 jabatan eselon IIIa di lingkungan Pemkab Karangasem lowong. Penyebabnya, tiga pejabat promosi jadi kepala dinas, dan enam lainnya purnatugas. Pengisian jabatan eselon IIIa yang lowong diusahakan secepatnya, paling lambat Minggu ke-2 Januari 2020. Pejabat eselon IIIb dipromosikan menempati jabatan eselon IIIa mengacu senioritas, kepangkatan, prestasi, loyalitas, dan syarat administrasi lainnya.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Karangasem, I Gusti Gede Rinceg, menjelaskan 9 jabatan eselon IIIa yang lowong yakni Camat Abang, Kabag Kesejahteraan Rakyat, Sekretaris Bapelitbang, Sekretaris Disdikpora, Sekretaris Inspektur Daerah, Inspektur Pembantu III, Kabag Humas Sekretariat DPRD, Kabag Pengendalian Pembangunan, dan Sekretaris Dinas Perhubungan. “Jabatan ini lowong karena tiga di antaranya naik jabatan sebagai kepala dinas dan kepala badan. Enam lainnya karena pensiun,” ungkap Gusti Gede Rinceg, Jumat (3/1).

Dijelaskan, I Gusti Nyoman Darsana yang menjabat Camat Abang telah purnatugas. Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Karangasem I Gede Basma naik jadi Kadis Sosial Karangasem. Sehingga Kabag Kesejahteraan Rakyat masih tanpa tuan. Sementara I Nyoman Siki Ngurah yang sebelumnya menjabat Sekretaris Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) naik jadi Kepala Bapelitbangda. Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) yang sebelumnya tanpa tuan setelah I Wayan Sutrisna dilantik jadi Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Sedangkan Sekretaris Inspektur Daerah I Nyoman Tantra, Inspektur Pembantu III di Inspektorat Daerah I Ketut Sumarta, Kabag Humas Sekretariat DPRD I Gede Waskita Suta Dewa, Kabag Pengendalian Pembangunan I Wayan Sujana, dan Sekretaris Perhubungan I Made Sutama, semuanya telah purnatugas. Gusti Gede Rinceg mengatakan, di Pemkab Karangasem terdapat 53 pejabat eselon IIIa. “Nantinya 9 pejabat eselon IIIb dipromosikan mengisi jabatan eselon IIIa. Calon pejabat masih digodok menyangkut kepangkatan, masa kerja, umur, prestasi, dan sebagainya,” jelas Gusti Gede Rinceg.

Sedangkan jabatan di eselon IIIb ada 105 jabatan, otomatis 9 pejabatnya akan lowong karena sebanyak itu dipromosikan naik ke eselon IIIa. Seluruhnya akan diisi menjadi satu paket pada mutasi nanti. Sebelumnya  diperkirakan 609 jabatan struktural eselon III, IV, dan V di lingkungan Pemkab Karangasem dihapus di tahun 2020. Hal itu mengacu Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 384 Tahun 2019 per 13 November 2019 tentang Langkah Strategis dan Konkret Penyederhanaan Birokrasi. Tujuan penyederhanaan jabatan untuk memotong mata rantai birokrasi yang cukup panjang.

Jabatan itu masing-masing eselon IIIa sebanyak 24 jabatan, eselon IIIb 106 jabatan, eselon IVa 419 jabatan, eselon IVb 38 jabatan, dan eselon V sebanyak 22 jabatan. Sebenarnya eselon IIIa ada 56 jabatan, mengingat 32 jabatan sebagai Sekdis yang akan dipertahankan maka tinggal 24 jabatan. Penyederhanaan birokrasi pada jabatan struktural eselon III, eselon IV, dan eselon V dikecualikan bagi jabatan struktural yang memenuhi kriteria antara lain memiliki tugas dan fungsi sebagai kepala satuan kerja dengan kewenangan dan tanggungjawab dalam penggunaan anggaran atau penggunaan barang atau jasa. “Itu kan nanti, masih digodok di pusat, pengisian jabatan eselon IIIa ini untuk keperluan jangka pendek,” jelasnya. *k16

loading...

Komentar