nusabali

BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat

  • www.nusabali.com-bmkg-waspadai-potensi-hujan-lebat

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat di wilayah Bali bagian Barat, Utara dan Selatan.

MANGUPURA, NusaBali

"Yang perlu diwaspadai oleh masyarakat adalah potensi hujan lebat yang terkadang disertai kilat atau petir serta angin kencang berdurasi singkat di wilayah-wilayah tersebut," ujar prakirawan Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, Luh Eka Arisanti di Mangupura, Jumat (3/1).

Dikatakan, cuaca di wilayah Pulau Bali pada periode 2 hingga 4 Januari 2020 diperkirakan secara umum akan berawan pada pagi hari dan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Bali terutama pada siang dan sore hari.

Untuk suhu udara di wilayah Bali, berkisar antara 23 hingga 33 derajat celcius dengan kelembaban udara berkisar antara 60 sampai 95 persen. "Untuk angin umumnya bertiup dari arah Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan berkisar antara 7 hingga 36 kilometer perjam," lanjut Luh Eka Arisanti.

Dia menambahkan, saat ini sebagian besar wilayah Pulau Bali telah memasuki awal musim hujan dengan suhu muka laut di sekitar wilayah Bali berkisar antara 29 hingga 32 derajat celcius.

Terkait hal tersebut, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana seperti angin kencang secara tiba-tiba, pohon tumbang, kilat atau petir, genangan air, banjir dan tanah longsor. "Kami juga mengimbau masyarakat agar selalu memperhatikan informasi dari BMKG khususnya peringatan dini cuaca atau iklim ekstrem," ujar Luh Eka Arisanti. *ant, isu

Komentar