nusabali

56 Orang Berebut Kursi Eselon IIb

Kemarin Pendaftaran Ditutup, Lima Camat Ikut Bertarung

  • www.nusabali.com-56-orang-berebut-kursi-eselon-iib

Yang paling dominan pendaftar mengincar kursi Kepala BPBD dan Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan.

MANGUPURA, NusaBali

Lelang jabatan eselon IIb di Lingkungan Pemkab Badung resmi berakhir, Jumat (3/1) kemarin. Total ada 56 pelamar yang mengajukan berkas pendaftaran di Sekretariat Panitia Seleksi (Pansel), Kantor Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Badung.

Pansel pun mengumumkan resmi hasil seleksi administrasi melalui website di Dinas BKPSDM. Berdasarkan Pengumuman No: 800/16/PANSEL-JPT/2020, ada dua kursi eselon IIb yang paling banyak diincar, yakni kursi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan. Dua kursi ini masing-masing diperebutkan oleh tujuh orang pejabat. “Iya, pansel sudah mengumumkan hasil seleksi administrasi. Total ada 56 pelamar yang mengajukan berkas pendaftaran,” kata Anggota Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon IIb) Kabupaten Badung I Gede Wijaya, kemarin.

Wijaya mengakui, sehari sebelum pendaftaran ditutup, kursi yang dipilih pelamar masih merata. Namun, pada hari terakhir terlihat ada dua kursi yang dominan jadi incaran. “Seperti kursi Kepala BPBD dan Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, yang mendaftar masing-masing tujuh orang,” katanya.

Untuk posisi yang dominan diincar berikutnya ada kursi Kepala Dinas Perikanan. Totalnya ada enam pelamar. Sementara, untuk kursi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, kursi Kepala Dinas Kebudayaan, kursi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, kursi Kepala Dinas Kesehatan, masing-masing diperebutkan oleh lima orang.

“Sementara untuk kursi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil itu ada empat orang, kursi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyaraka dan Desa juga empat orang, kursi Sekretaris DPRD Badung juga empat orang, dan Kursi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika juga empat orang,” terang birokrat asal Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara itu.

Yang menarik, lima camat di Badung juga ikut bertarung pada lelang jabatan kali ini. Camat Petang I Gde Eka Sudarwitha, misalnya, mengincar kursi Kepala Dinas Kebudayaan, Camat Kuta Selatan I Made Widiana juga mendaftar dengan mengincar kursi Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan. Berikutnya, Camat Kuta Utara AA Ngurah Arimbawa juga ikut bertarung dalam lelang jabatan kali ini dengan mengincar kursi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Kemudian, Camat Mengwi I Ngurah Gede Jaya Saputra dan Camat Kuta I Nyoman Rudiarta juga ikut bertarung. Bahkan, keduanya mengincar posisi yang sama yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi.

Berdasarkan tahapan seleksi, setelah penyerahan berkas pendaftaran dimana terakhir pada 3 Januari 2020, dilanjutkan dengan seleksi administrasi dan pengumuman hasil seleksi administrasi pada 4 Januari 2020. Kemudian, tahap selanjutnya adalah tes kompetensi yang akan dilakukan pada 6-7 Januari 2020.

Lanjut pada tahap selanjutnya adalah pembuatan makalah, presentasi dan wawancara pada 8-9 Januari 2020. Terakhir penelusuran rekam jejak peserta yang dijadwalkan pada 10-11 Januari 2020. Adapun hasil final atau keputusan siapa yang bakal terpilih sepenuhnya wewenang Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. *asa

Komentar