nusabali

'Pernah Selamatkan Ratusan Pekerja Rodi'

  • www.nusabali.com-pernah-selamatkan-ratusan-pekerja-rodi

Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Bali memberikan penghargaan kepada Ida Cokorda Ngurah Gede Pemecutan X (almarhum) yang notabene adalah ayah dari Ida Cokorda Pemecutan XI, di Puri Ageng Pemecutan, Jalan Thamrin Nomor 2 Denpasar, Kamis (2/1).

DENPASAR, NusaBali
Ketua LVRI Bali Ngurah Saputra dalam sekapur sirihnya menyebutkan Cokorda Pemecutan X adalah sosok berwibawa dengan power luar biasa di masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Cokorda Pemecutan X pernah menyelamatkan ratusan para pekerja rodi (pekerja paksa) ketika pembangunan Pelabuhan Benoa di zaman penjajahan Belanda. Saat itu, dengan powernya meminta kepada Belanda supaya menghentikan penindasan kepada para pekerja paksa yang tidak manusiawi. “Karena peran beliau (Cokorda Pemecutan X) ketika itu, Belanda akhirnya tidak berani. Para pekerja pun menyampaikan mereka hanya akan bekerja menuruti perintah dari Cokorda Pemecutan X,” tegas  Saputra.

Sementara itu, Ida Cokorda Pemecutan X menyampaikan apresiasi kepada LVRI Provinsi Bali dan para veteran di NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) ini. “Saya di Puri Pemecutan ini sudah cukup sandang, pangan, dan papan. Tetapi penghargaan dari Legiun Veteran, mendapatkan Merah Putih adalah sebuah anugerah dan kebanggaan bagi keluarga kami,” ujarnya.

Cok Pemecutan pun mengajak generasi muda sekarang meneladani perjuangan pendahulu yang sudah susah payah merebut dan mempertahankan kemerdekaan. “Perjuangan kita masih panjang dan banyak yang harus dikerjakan untuk pembangunan Bali dan bangsa ini. Kalian generasi sekarang adalah pejuang masa kini,” ujar mantan anggota MPR RI ini. *nat

Komentar