nusabali

Golkar Godok 4 Kandidat untuk Pilkada Bangli 2020

  • www.nusabali.com-golkar-godok-4-kandidat-untuk-pilkada-bangli-2020

DPD I Golkar Bali menggodok 4 kandidat calon kepala daerah-wakil kepala daerah untuk Pilkada Bangli 2020.

DENPASAR, NusaBali

Mereka sebelumnya telah berproses dalam penjaringan calon di DPD II Golkar Bangli, yakni I Made Subrata, Ngakan Made Kutha Parwata, IB Gede Giri Putra, dan Sang Nyoman Putra Erawan.

Made Subrata merupakan adik kandung Bupati Bangli yang juga Wakil Ketua Bidang Ideologi DPD PDIP Bali, I Made Gianyar. Saat ini, Made Subrata menjabat Perbekel Bunutin, Kecamatan Kintamani, Bangli. Sebelum banting haluan nyalon di Golkar, Subrata sempat mendftar di PDIP namun kemudian undur diri dari pencalonan.

Sedangkan Ngakan Made Kutha Parwata adalah politisi senior PDIP asal Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku, Bangli. Mantan Ketua DPC PDIP Bangli ini sempat menjabat Ketua DPRD Bangli 2014-2019, namun tak dicalonkan partainya sebagai caleg dalam Pileg 2019. Kutha Parwata digadang-dagang akan menempati posisi Calon Wakil Bupati (Cawabup), sebagai tandem bagi Subrata di Pilkada Bangli 2020.

Sementara IB Gede Giri Putra adalah tokoh birokrasi asal Griya Bukit, Kelurahan Cempaga, Kecamatan Bangli yang notabene adik kandung mantan Bupati Bangli dua periode di era Orde Baru, IB Gede Agung Ladip. Saat ini, Gus Giri menjabat Sekda Kabupaten Bangli. Sebaliknya, Sang Nyoman Putra Erawan adalah kandidat non kader yang mantan Perbekel Awan, Kecamatan Kintamani.

Nama keempat kandidat ini sudah diserahkan Plt Ketua DPD II Golkar Bangli I Gusti Winuntara kepada Wakil Ketua Bidang OKK DPD I Golkar Bali, I Made Dauh Wijana, Rabu (1/1). “Kami sudah terima 4 nama bakal calon kepala daerah untuk Pilkada Bangli 2020. Mereka segera kita godok di DPD I Golkar Bali. Setelah digodok, lanjut dikirimkan kepada DPP Golkar untuk dimintakan rekomendasi,” ujar Dauh Wijana di Denpasar, Rabu kemarin.

Dauh Wijana menyebutkan, DPD II Golkar Bangli menjadi yang pertama menyerahkan hasil penjaringan calon kepala daerah untuk Pilkada 2020 serentak di Bali. Sedangkan kandidat dari Golkar untuk Pilkada Badung 2020, Pilkada Denpasar 2020, Pilkada Tabanan 2020, Pilkada Jembrana 2020, dan Pilkada Karangasem 2020 hingga kini belum diserahkan ke DPD I Golkar Bali.

Menurut Dauh Wijana, baik Made Subrata, Kutha Parwata, Gus Giri, maupun Putra Erawan punya peluang yang sama untuk mendapat rekomendasi Cabup-Cawabup Bangli. Pasalnya, DPD I Golkar Bali akan menggodok mereka dengan metode survei. “Nanti survei akan dilaksanakan Golkar Bali. Hasil survei berupa rekam jejak kandidat dengan tingkat elektabilitas selanjutnya akan diserahkan ke DPP Golkar H-6 bulan sebelum pendaftaran calon di KPU Bangli,” papar Dauh Wijana yang juga merangkap sebagai Ketua DPD II Golkar Gianyar.

Sementara itu, Plt Ketua DPD II Golkar Bangli I Gusti Winuntara mengatakan 4 nama kandidat yang diserahkan ke DPD I Golkar Bali itu semuanya merupakan bakal calon kepala daerah. Tidak ada ditetapkan menjadi Cabup maupun Cawabup. “Nanti DPD I Golkar Bali yang akan menggodok dengan mekanisme yang ada di organisasi,” kata Winuntara secara terpisah, Rabu kemarin.

Golkar sendiri tengah berupaya membangun koalisi dengan parpol-parpol papan bawah untuk bertarung head to head melawan PDIP di Pilkada Bangli, 23 September 2020 mendatang. PDIP dipastikan akan usung Sang Nyoman Sedana Arta sebagai Cabup Bangli. Sedana Arta adalah politisi asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut yang kini menjabat Ketua DPC ODIP Bangli dan sudah dua kali menjadi Wakil Bupati Bangli (2010-2015, 2016-2021). *nat

Komentar