nusabali

Indra dan Tae-yong Bentuk Struktur Timnas Indonesia

  • www.nusabali.com-indra-dan-tae-yong-bentuk-struktur-timnas-indonesia

Indra Sjafri dan Shin Tae-yong segera membentuk struktur sejumlah Timnas Indonesia.

JAKARTA, NusaBali

Tae-yong sendiri bertugas melatih timnas senior dan U-20 serta membantu sejumlah timnas di kelompok umur.

Rencana tersebut dibenarkan Indra Sjafri, yang akan membantu Shin Tae-yong dalam melatih timnas Indonesia. Kedua pelatih itu pun telah bertemu membicarakan hal itu beberapa hari lalu.

"Saya akan bekerja sama dengan coach Shin Tae-yong dan membantu dia dalam bekerja di timnas nanti. Sebelumnya saya sudah berdiskusi dengan PSSI tentang keberadaan saya di timnas," kata Indra di akun Instagram pribadinya.

"[Saya] juga sudah diskusi saat meeting perdana dengan coach Shin Tae-yong pada 28 Desember 2019 tentang tugas dan tanggung jawab dia di PSSI dan membicarakan program ke depannya,"kata Indra Sjafri.

"Kami juga segera akan membentuk struktur dan personal timnas senior, timnas U-23, dan timnas U-19," ujar pelatih yang meraih medali perak untuk Garuda Muda pada SEA Games 2019.

Sampai sekarang belum diketahui posisi yang bakal dipegang Indra di timnas Indonesia. Tapi yang jelas PSSI memastikan ada pelatih lokal yang bakal masuk dalam tim kepelatihan Tae-yong.

Indra Sjafri membeberkan ada target yang diharapkan dari Tae-yong. Menurutnya, yaitu bagaimana kualitas sepakbola kita makin lama membaik dan ada transformasi ilmu yang bisa diambil untuk pelatih-pelatih Indonesia.

Sementara itu,  Ketua PSSI, Mochamad Iriawan meminta Tae-yong untuk keliling nusantara dan blusukan memantau pemain yang potensial.

“Saya perintahkan dia harus memutari Indonesia. Mungkin nanti bergantian antara saya dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Selain itu saya perlu tahu alasan ketika dia memanggil pemain pilihannya,” ujar pria yang karib dipanggil Iwan Bule tersebut.

Shin Tae-yong sendiri langsung pulang ke Korea Selatan pada Sabtu (28/12) setelah menandatangani kontrak empat tahun sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia. Dia akan kembali ke Indonesia pada 6 Januari 2020.

Iwan Bule mengatakan, Shin Tae-yong akan mengumpulkan 60 pemain Timnas Indonesia, U-22, dan U-20 pada 13 Januari 2019 dengan lokasi masih tentatif antara di Surabaya, Jawa Timur dan Gianyar, Bali. Nantinya, eks pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini akan memulai pekerjaannya dengan mencari tahu kemampuan para pemain. *

Komentar