nusabali

H-2 Tahun Baru, 48 Ribu Penumpang Masuk Bali

  • www.nusabali.com-h-2-tahun-baru-48-ribu-penumpang-masuk-bali

Jumlah penumpang tahun ini naik sekitar 38 persen, kendaraan roda dua naik 11 persen, dan roda empat naik 46 persen dibanding tahun lalu.

NEGARA, NusaBali

Arus puncak wisatawan domestik masuk Bali di lintasan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, menuju Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, diperkirakan terjadi pada H-2 atau Minggu (29/12). Sesuai data pihak ASDP pada H-2 tahun baru, Minggu (29/12) pukul 09.00 Wita hingga Senin (30/12) pukul 09.00 Wita, jumlah penumpang yang menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk, mencapai sebanyak 48.070 penumpang dengan 2.904 unit kendaraan roda dua, dan 7.724 unit kendaraan roda empat.

General Manager ASDP Pelabuhan Ketapang–Gilimanuk Fahmi Alweni, mengatakan sebanyak 48.070 penumpang yang menyeberang ke Gilimanuk saat H-2 tahun baru. Jumlah tersebut naik sekitar 38 persen dari jumlah penumpang pada periode yang sama tahun lalu, dengan jumlah 34.941 penumpang. Kendaraan roda dua naik 11 persen dibanding tahun lalu sebanyak 2.610 unit, dan roda empat naik 46 persen dari tahun lalu sebanyak 5.431 unit.

“Kami prediksikan, kemarin sudah puncak selama masa angkutan Nataru (Natal dan Tahun Baru) tahun ini,” ujarnya saat dikonfirmasi, Senin kemarin.

Sebaliknya, sambung Fahmi, saat H-2 tahun baru, Minggu (29/12), jumlah penumpang yang menyeberang ke Jawa dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang, juga cukup banyak, yakni mencapai 43.445 penumpang. Jumlah itu naik mencapai 29 persen dibanding tahun lalu, dengan jumlah 33.753 penumpang. “Sama-sama naik dari kedua arah. Sesuai dengan perkiraan kami, kalau penumpang yang berlibur tahun baru, akan lebih banyak menyeberang saat H-2 kemarin (Sabtu, 28/12), bertepatan dengan akhir pekan,” ucapnya.

Meski terjadi lonjakan penumpang yang cukup signifikan, menurut Fahmi, dipastikan tidak ada antrean sampai keluar areal pelabuhan pada Minggu (29/12). Namun kendaraan cukup padat di dalam pelabuhan, dan harus bersabar menunggu giliran masuk kapal. “Kapal tetap kami operasikan maksimal, 32 kapal. Kemarin memang dari siang sudah padat, dan bertambah ramai malamnya. Kalau hari ini (Senin kemarin), masih agak ramai, tetapi kami rasa tidak seramai H-2 kemarin,” ungkapnya.

Sementara Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk AKP I Gusti Nyoman Sudarsana, mengakui arus penumpang yang masuk ataupun keluar Bali lewat Pelabuhan Gilimanuk, tampak meningkat pada Minggu (29/12). Namun untuk lonjakan penumpang, itu tidak sampai memicu antrean panjang, dan lancar mengalir ke pelabuhan. “Situasi masih aman, lancar, dan kondusif,” ujarnya. *ode

Komentar