nusabali

Dishub Sediakan 6 Kantong Parkir di Kuta

  • www.nusabali.com-dishub-sediakan-6-kantong-parkir-di-kuta

Kantong parkir di kawasan Kuta adalah di Central Parkir, Lapangan Trisaksi, Beach Walk, Anggrek Inn, Mall Bali Galeria, Centro, Krisna Oleh-oleh.

MANGUPURA, NusaBali

Dinas Perhubungan Kabupaten Badung bersama kepolisian menyediakan 6 kantong parkir untuk mengantisipasi kemacetan di sejumlah akses menuju Pantai Kuta saat malam pergantian tahun, Selasa (31/12). Sementara itu, juga akan dilakukan rekayasa arus lalu lintas di kawasan seputaran Kecamatan Mengwi.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Badung Tofan Priyanto, menerangkan guna mengantipasi kemacetan saat malam pergantian tahun di wilayah Kuta, pihaknya bersama kepolisian dan instansi lain sudah mengatasi dengan menyediakan kantong parkir di 6 titik. Lokasi untuk kantong parkir tersebut adalah di Central Parkir, Lapangan Trisaksi, Beach Walk, Anggrek Inn, Mall Bali Galeria, Centro, Krisna Oleh-oleh.

“Untuk lokasi kantong parkir ini sudah kami koordinasikan jauh-jauh hari. Sehingga, nantinya para pengendara yang mau ke Kuta, akan diarahkan ke kantong parkir tersebut. Baru setelah itu mereka berjalan kaki menuju Pantai Kuta,” kata Tofan, Senin (30/12) siang.

Selain menyediakan kantong parkir, upaya mencegah kemacetan di akses menuju Pantai Kuta dan sejumlah lokasi di Kuta, pada Selasa (31/12) sekitar pukul 13.00 Wita, pihaknya bersama kepolisian melakukan sterilisasi terlebih dahulu untuk seluruh kendaraan di sepanjang Jalan Pantai Kuta, Jalan Legian, dan Jalan Melasti. Setelah pembersihan kendaraan, barulah pada pukul 15.00 Wita, dilakukan penutupan secara total.

“Jadi setelah pukul 15.00 Wita, kendaraan baik roda dua dan roda empat sudah tidak ada lagi yang bisa masuk ke sana. Hanya masyarakat atau wisatawan yang berjalan kaki saja yang bisa menuju pantai. Akses jalan baru bisa dibuka lagi setelah perayaan pergantian tahun selesai,” beber Tofan.

Dia berharap, dengan adanya sinergitas dan koordinasi yang baik antara instansi ini bisa menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat dan wisatawan saat merayakan pergantian tahun di Pantai Kuta. “Harapannya agar selalu aman. Tahun lalu juga aman terkendali, semoga tahun ini juga demikian,” harap Tofan.

Sementara itu, untuk kegiatan penjagaan, pengamanan, dan pengaturan lalu lintas saat malam Tahun Baru 2020, Dinas Perhubungan Kabupaten Badung mengerahkan sebanyak 181 petugas. Para personel ini terdiri dari UPT LLA Badung Selatan sebanyak 125 orang dan Bidang Lalu Lintas sebanyak 56 orang.

Para personel yang dikerahkan bakal ditempatkan di pos-pos strategis. Data dari Dishub Badung, titik-titik pengamanan lalu lintas tersebut adalah Pos Pelayanan Terminal Tipe A Mengwi, Pos Pengamanan Terpadu Sempidi, Pos Pengamanan Terpadu Pantai Kuta (Beach Walk), Pos Pengamanan Terpadu Sunset Road, Pos Pengamanan Terpadu Dewa Ruci, objek-objek wisata di kawasan Badung Selatan, simpang-simpang rawan macet di kawasan Kuta, di kawasan Kuta Utara, dan di kawasan Kuta Selatan

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Badung AA Rai Yuda Dharma, menyatakan akses jalan menuju Kuta bakal ditutup di beberapa titik, misalnya Simpang Jalan Patih Jelantik ditutup dan dialihkan menuju Jalan Dewi Sri/Jalan Raya Kuta. Simpang Traffic Light (TL) Kuta ditutup dan dialihkan ke timur arah Jalan Bypass Ngurah Rai. Kemudian Simpang Traffic Light (TL) Singosari ditutup dan dialihkan menuju Jalan Raya Kuta. Selanjutnya Simpang Pasar Seni juga ditutup dan dialihkan menuju Jalan Tegal Wangi Buni Sari, keluar Bemo Corner.

Yuda Dharma mengingatkan, bagi masyarakat yang hendak menuju Pantai Kuta atau ke Jalan Legian diarahkan parkir di beberapa titik yang telah disiapkan.

Menurut Yuda Dharma, dalam rangka mengantisipasi kemacetan akan dilakukan rekayasa arus lalu lintas di seputaran Mengwi. “Informasi dari Dishub Provinsi Bali, rekayasa arus lalu lintas akan dilakukan pada 30 Desember 2019 sampai dengan 2 Januari 2020,” ungkapnya.

Berikut rekayasa arus lalu lintas yang akan diberlakukan. Pertama, kendaraan menuju Singaraja dari Denpasar dialihkan menuju Jalan Terminal Mengwi, Jalan Raya Kapal-masuk Terminal Mengwi-Jalan Ngurah Rai Mengwi. Jalan Denpasar-Gilimanuk depan Taman Rama Sinta ditutup dari arah Jalan Raya Kapal.

Kedua, kendaraan menuju Denpasar atau Singaraja dari arah Gilimanuk melalui Tabanan Kediri dialihkan masuk Terminal Mengwi. Jalan Ahmad Yani Tabanan-masuk Terminal Mengwi-Jalan Ngurah Rai (untuk ke Singaraja), Jalan Ahmad Yani Tabanan-masuk Terminal Mengwi-Pasar Beringkit-Jalan Raya Kapal Mengwi (untuk ke Denpasar dan Kuta).

Ketiga, Jalan Raya Mengwi dijadikan 1 jalur dari arah timur (Denpasar menuju Tabanan). Keempat, Jalan Terminal Mengwi dijadikan 1 jalur dari arah Tabanan k Denpasar atau ke Singaraja.

“Mohon masyarakat untuk menghindari jam padat atau saat keluar masuknya bus di Terminal Mengwi, agar tidak mengakibatkan kemacetan,” tutur mantan Camat Kuta Utara, ini. *dar, asa

loading...

Komentar