nusabali

Mabuk dan Bikin Onar, 3 Pemuda Diamankan Satpol PP di Kuta

  • www.nusabali.com-mabuk-dan-bikin-onar-3-pemuda-diamankan-satpol-pp-di-kuta

Dalam kurun waktu tiga hari terakhir, petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengamankan tiga pemuda dari lokasi yanng berbeda di wilayah Kecamatan Kuta, Badung.

MANGUPURA, NusaBali

Ketiga pemuda tersebut diamankan karena mengganggu ketertiban dan dalam kondisi mabuk berat. Komandan Regu Satpol PP Kuta I Nengah Wika, menerangkan dalam kurun waktu tiga hari berturut-turut, 28–30 Desember 2019, pihaknya sudah mengamankan tiga orang pemuda yang mengamuk, mabuk, dan tidur-tiduran di jalanan di kawasan Kuta. Kejadian pertama, menurut pria yang akrab disapa Kejus, ini terjadi pada Sabtu (28/12) malam. Salah seorang anak kos asal Papua dilaporkan oleh tuan rumahnya karena yang bersangkutan membuat situasi kos menjadi tidak nyaman. Setelah diamankan dan ditenangkan, ternyata pemuda yang bersangkutan dalam kondisi mabuk berat. “Kalau yang pertama ini memang sempat berkelahi sebelumnya. Makanya dilaporkan oleh pemilik rumah. Nah, setelah kami amankan di kosnya di Jalan Merdeka Raya, kemudian dibawa ke mako, kami kasih minum, makan. Ketika sadar dari mabuk, kami kembalikan lagi yang bersangkutan ke kosnya karena dia memiliki identitas lengkap,” ungkapnya, Senin (30/12) siang.

Sehari setelah itu, pihaknya menemukan adanya orang mabuk di Jalan Legian. Namun saat itu pemuda bersangkutan dalam kondisi tertidur. Pemuda tersebut mengaku mabuk usai bertandang ke salah satu diskotek di kawasan tersebut. Untuk keselamatan, pemuda tersebut diamankan ke mako Satpol PP. Kemudian dilakukan interogasi mendalam dan memeriksa identitasnya.

“Dari keterangannya, dia dalam keadaan mabuk berat. Makanya memilih tidur di trotoar karena takut jatuh saat mengendarai motor. Lokasi temuan pemuda itu di utara monumen Bom Bali. Karena kami takut kenapa-kenapa di jalan, makanya kami panggil keluarganya untuk menjemput  setelah benar-benar sadar,” tuturnya seraya mengatakan pemuda mabuk itu berasal dari Sumba.

Pada hari yang sama, pada sore harinya sekitar pukul 15.00 Wita, pihaknya kembali mendapatkan limpahan orang mabuk dari petugas Jagabaya Desa Adat Kuta dan Linmas Kelurahan Kuta. Orang tersebut diketahui berasal dari Makassar dan diamankan di Jalan Mataram Kuta. Selain mabuk, yang bersangkutan juga diketahui sempat mengamuk di wilayah tersebut, sehingga yang bersangkutan diamankan oleh petugas Jagabaya. Menariknya ketika dibawa ke mako, pemuda tersebut kabur. Untungnya, berhasil diamankan lagi di seputaran Jalan Kartika Plaza. Mengantisipasi pemuda tersebut kabur, pihak Pol PP kemudian memborgolnya dan digiring ke mako Satpol PP Kuta. “Pemuda ini sempat kabur. Ya, untungnya berhasil diamankan lagi dan kami amankan di mako untuk interogasi,” urainya

Terkait adanya pemuda yang mabuk, bikin onar di wilayah Kuta, Kasatpol PP Badung IGAK Surya Negara mengakui temuan tersebut yang pertama kali terjadi jelang perayaan tahun baru. Berkaca dari kejadian tersebut, pihaknya berharap agar semua pihak bisa lebih mengontrol diri.

“Harapan kami selama perayaan tahun baru, agar kejadian akibat minuman keras dan tidak terkontrol ini bisa ditekan. Sehingga peristiwa tersebut tidak kembali terulang, walaupun potensi kejadian itu sangat memungkinkan terjadi. Untuk itu, mari kita bersama jaga wilayah Kabupaten Badung ini agar tetap aman dan nyaman, untuk dikunjungi,” kata Surya Negara. *dar

Komentar