nusabali

Relawan Genta Suara Mareresik Sampah Plastik

  • www.nusabali.com-relawan-genta-suara-mareresik-sampah-plastik

Relawan Genta Suara Lokal Kecamatan Abang, Karangasem mareresik sampah plastik di Pantai Banjar/Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem, Minggu (29/12).

AMLAPURA, NusaBali

Bersih-bersih sampah plastik ini serangkaian menyambut HUT ke-5 Genta Suara Lokal Kecamatan Abang, 1 Januari 2020 mendatang. Hasilnya, satu truk sampah plastik berhasil dikumpulkan dari pantai.

Genta Suara Lokal Kecamatan Abang adalah komunitas radio amatir beranggotakan 66 orang. Kegiatan yang dikomandani Ida Nyoman Sugata ini dihadiri Perbekel Desa Bunutan I Made Suparwata dan Komunitas Bersih Pantai Lipah. Genta Suara Lokal Kecamatan Abang setiap menyambut hari jadi selalu mengagendakan mareresik sampah plastik. Acara itu juga dijadikan temu kangen internal anggota yang selama ini hanya bertemu di udara.

Ida Nyoman Sugata mengatakan, Genta Suara Lokal Kecamatan Abang bergerak di bidang sosial. Menginformasikan bencana alam, membantu pemerintah dan mengedukasi masyarakat saat terjadi bencana. Juga ngayah saat ada pujawali di Pura Sad Kahyangan Lempuyang, terutama saat melasti. Puncak HUT ke-5 nanti akan diisi dengan sembahyang bersama di Pura Puncak Sari Banjar Gulinten, Desa Bunutan, Kecamatan Abang. Lanjut upacara pacaruan di RPU (Radio Pancar Ulang) Puncak Bukit Saab, Banjar Gulinten, dan potong tumpeng.

Perbekel Desa Bunutan I Made Suparwata mengapresiasi aktivitas Genta Suara Lokal Kecamatan Abang yang selama ini telah membantu masyarakat bidang sosial, terutama di bidang komunikasi. “Kali ini memungut sampah plastik sekaligus mengedukasi masyarakat pentingnya mengumpulkan sampah plastik karena menyebabkan lingkungan tercemar,” ungkapnya. *k16

Komentar