nusabali

Bupati Suwirta Finalisasi Proyek di Lembongan

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-finalisasi-proyek-di-lembongan

Libur akhir tahun 2019, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama sejumlah kepala OPD melakukan finalisasi sejumlah lokasi yang akan menjadi proyek pemerintah pada tahun 2020 dan 2021, di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Minggu (29/12).

SEMARAPURA, NusaBali

Lokasi yang dikunjungi di antaranya area pembangunan Panggung Ceningan dan penataan area tebing Devil Tears.

“Kedatangan kami untuk finalisasi atau mematangkan lokasi sejumlah proyek yang akan di garap tahun depan, setelah selesai dibangun, nantinya fasilitas yang dibangun akan mendukung pariwisata di Nusa Penida,” ujar Bupati Suwirta.

Lokasi pertama yang dikunjungi yakni lokasi rencana  pembangunan Panggung Terbuka Ceningan. Kegiatan pekerjaan akan dimulai pada tahun 2020 dengan dana sebesar Rp 2.1 milliar. Tempat ini nantinya dilengkapi tempat penjualan UMKM dan kuliner. “Panggung terbuka ini kedepan supaya dimanfaatkan para kelompok kesenian untuk bisa tampil menunjukkan bakatnya," ujar Bupati Suwirta.

Berdekatan dengan lokasi panggung terbuka, juga akan dibangun jembatan yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2021. dana yang yang digunakan untuk pembangunan jembatan ini sekitar Rp70 miliar.  

Sedangkan di area tebing Devil Tears, kegiatan pekerjaan juga dimulai tahun 2020. Dengan dana Rp 1,5 miliar, Devil Tears akan ditata dengan pembangunan sejumlah fasilitas umum seperti spot selfie, joging track, stand kuliner serta area parkir.   

Selain ketiga lokasi itu, rombongan juga sempat meninjau beberapa proyek yang telah selesai diantaranya proyek pembangunan gedung kelas di SD N 1 Lembongan, Lapangan Futsal dan SWRO Ceningan.

Di SDN 1 Lembongan, Bupati Suwirta tampak kecewa melihat hasil pembangunan gedung kelas, karena pada bagian atap tidak dipasangi plafon. Menurutnya pembangunan gedung kelas ini dilakukan setengah setengah, padahal nilai pemasangan plafon tidak seberapa.

Di lapangan Futsal yang terletak di Batu Belek, Bupati Suwirta perintahkan camat Nusa Penida supaya segera melakukan upacara pecaruan. Selanjutnya akan diserahkan kepada KONI untuk segera digelar event pertandingan.

Sedangkan di lokasi penyulingan air SWRO Ceningan, Bupati Suwirta meminta kepada Dirut PDAM Nyoman Renin Suyasa untuk segera melakukan ujicoba mengalirkan air produksi SWRO ke Desa Lembongan. Menurutnya dengan uji coba ini maka akan diketahui titik  kebocoran dan lanjut dilakukan revitalisasi jaringan yang mengalami bocor tersebut. “ Jangan ada alasan lagi, air SWRO pada bulan januari 2020 harus diujicoba untuk dialirkan, kita coba di Lembongan dulu untuk mengetahui kondisi jaringan pipa, jika ditemukan kebocoran maka harus segera dilakukan revitalisasi jaringan, kemudian lanjut ke desa lainnya,” ujar Bupati Suwirta.  

Dirut PDAM Klungkung Nyoman Renin Suyasa mengaku SWRO saat ini sedang mengalami perbaikan pada pompa. Jika pompa telah selesai diperbaiki pihaknya akan segera mencoba mengalirkan air ke jaringan pipa seperti perintah Bupati. Pihaknya juga mengakui jaringan pipa di desa Lembongan telah mengalami kebocoran disejumlah titik. Dengan uji coba ini diharapkan akan diketahui kondisi jaringan pipa untuk selanjutnya dilakukan revitalisasi. *wan

Komentar