nusabali

Parade Drum Band Pelajar Meriahkan Pergantian Tahun di Karangasem

  • www.nusabali.com-parade-drum-band-pelajar-meriahkan-pergantian-tahun-di-karangasem

Parade Drum Band Tingkat SD hingga SMA akan meriahkan jelang pergantian tahun.

AMLAPURA, NusaBali

Parade digelar di GOR Gunung Agung Jalan Untung Surapati Amlapura, Selasa (31/12) dari pukul 08.30 Wita hingga sore. Kegiatan ini merupakan inovasi dari PDBI (Pengurus Drum Band Indonesia) Cabang Karangasem.

Parade yang akan diikuti 9 drum band, nantinya satu persatu beratraksi, sehingga masyarakat penggemar drum band terhibur. Paling tidak setiap peserta membawa pendukung minimal satu orang, sekaligus bertindak sebagai pengantar jemput peserta.

Ketua Panitia Parade Drum Band Karangasem I Wayan Gede Suastika didampingi Sekretaris I Dewa Ayu Anom Pratiwi mengatakan, parade tersebut merupakan inovasi dari PDBI Karangasem mewadahi seluruh SD, SMP dan SMA yang telah memiliki drum band di sekolahnya.

Sehingga yang selama ini rutin berlatih melalui kegiatan ekstrakurikuler, bisa tampil dalam ajang parade. Di samping juga untuk menumbuhkembangkan pendidikan karakter kepada siswa, menyangkut disiplin berbaris, disiplin latihan, disiplin dalam pentas, tepat waktu tiba di acara, dan tertib lainnya.

Juga memotivasi siswa untuk tampil kompak. "Memang itulah tujuan dari parade drum band ini. Setidaknya 9 drum band akan tampil yang telah mendaftar ke panitia, dari Tingkat SD hingga SMA," kata I Wayan Gede Suastika.

Kesembilan drum band itu katanya: SD Negeri 1 Karangasem, SDN 6 Karangasem, SD Negeri 5 Subagan, SD Insan Mandiri Amlapura, SMPN 2 Amlapura, SMPN 5 Amlapura,  SMPN 2 Selat, SMP Negeri 1 Manggis, dan SMAN 1 Selat.

Acara parade yang baru pertama kali digelar secara luas melibatkan sekolah-sekolah pemilik drum band se-Karangasem, rencananya dibuka Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri, pukul 08.30 Wita. I Wayan Gede Suastika yang juga pembina Drum Band SMPN 2 Amlapura mengaku telah siap tampil, dengan beragam atraksi dan inovasi baru di hadapan ribuan penonton. "Kan drum band SMPN 2 Amlapura, telah terbiasa tampil di depan publik, terutama di hari-hari besar nasional, secara mental, telah siap pentas," kata I Wayan Gede Suastika.

Di bagian lain Kasek SD Negeri 1 Karangasem I Wayan Budiarsa mengaku telah siap tampil di parade Drum Band Tingkat SD-SMA. "Drum band kami telah berpengalaman parade dan lomba, sudah intensif berlatih. Bahkan saya telah melakukan gladi di GOR gunung Agung," kata I Wayan Budiarsa.

terlebih lagi sejak 15 tahun terakhir, ekstrakurikuler drum band di SD Negeri 1 Karangasem terus berkelanjutan, yang diberi nama Drum Band Gita Bahasa SD Negeri 1 Karangasem.

Parade itu katanya sangat penting, untuk mengukur sejauh mana hasil pembinaan di sekolah selama ini dibandingkan dengan hasil pembinaan sekolah lain. Sehingga ke depan bisa dijadikan bahan evaluasi, apalagi nantinya secara rutin digelar lomba tingkat kabupaten, hingga tingkat Provinsi Bali. *k16

Komentar