nusabali

Warga Dieng Temukan Arca Terbesar

  • www.nusabali.com-warga-dieng-temukan-arca-terbesar

Petani di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo menemukan arca Ganesha yang disebut sebagai temuan arca terbesar di Dieng selama ini.

WONOSOBO, NusaBali

Selain itu juga ditemukan atap candi. Juru Pelihara Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, Tusar, mengatakan, arca Ganesha tersebut ditemukan petani di kedalaman sekitar 50 cm di kebun kentang. "Lokasinya sebelah selatan Majid Dieng Wetan," terangnya, seperti dilansir detik, Minggu (29/12).

Arca tersebut memiliki tinggi 140 cm dan lebar 120 cm, ditemukan tanpa lengan dan kepala. Pada bagian kepalan tangan serta belalai bagian tengah ditemukan terpisah.

Saat ini, arca Ganesha itu masih berada di lokasi tempat ditemukannya. "Kami masih menunggu instruksi dari kantor BPCB, terkait penemuan arca Ganesha ini. Termasuk apakah akan dilakukan penggalian lagi di sekitar lokasi atau tidak. Kemungkinan kepastiannya besok," kata dia.

Sementara itu, Kepala UPT Pengelolaan Objek Wisata Dieng, Aryadi Darwanto, mengatakan penemuan arca Ganesha ini mencatatkan hal baru. Arca ini merupakan arca terbesar yang pernah ditemukan di dataran tinggi Dieng.

"Bentuk Arca Ganesha yang baru ditemukan ini besar. Kalau dibandingkan dengan arca lain yang pernah ditemukan di Dieng, ini yang paling besar," jelas Aryadi.

Selain itu, di bagian kaki arca Ganesha ini juga terdapat motif teratai. Berdasarkan informasi yang ia terima, bersamaan penemuan arca ini juga ditemukan bagian atap candi.

"Tetapi apakah di sekitar tempat penemuan ini terdapat candi itu perlu kajian lagi. Termasuk apakah akan ada penggalian lagi atau tidak," tuturnya. *

Komentar