nusabali

Tae-yong Tak Prioritaskan Pemain Naturalisasi di Timnas

  • www.nusabali.com-tae-yong-tak-prioritaskan-pemain-naturalisasi-di-timnas

Pelatih baru Timnas Indonesia Shin Tae-yong akan memanggil 60 pemain pada 13 Januari 2020.

JAKARTA, NusaBali

Namun pelatih asal Korea Selatan itu tidak akan memprioritaskan pemain naturalisasi masuk dalam tim nasional Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia melakukan naturalisasi atlet sepakbola dari luar negeri, baik yang berkarier di Indonesia maupun yang memiliki darah Indonesia di luar negeri. Jumlahnya sudah melebihi jumlah yang dibutuhkan sebuah tim sepakbola.

Yang terbaru, yakni Ezra Walian, Otavio Dutra, Alberto Goncalves, dan Ilija Spasojevic yang akhirnya membela Timnas Indonesia. Nama tersebut melengkapi begitu banyak pemain naturalisasi yang lebih dulu mendapatkan kewarganegaraan Indonesia, seperti Stefano Lilipaly, Greg Nwokolo, Victor Igbonefo, Raphael Maitimo, Diego Michiels, sampai ke Cristian Gonzales.

Dalam perkenalannya sebagai manajer sekaligus pelatih Timnas Indonesia yang baru, Shin Tae-yong tak menganggap pemain naturalisasi sebagai keistimewaan. Menurutnya, baik pemain naturalisasi dan lokal memiliki peluang yang sama besar.

Shin Tae-yong menegaskan pemilihan pemain untuk memperkuat Timnas akan lebih berat kepada bagaimana para pemain tersebut mau berkorban untuk tim nasional.

"Ada belasan pemain seperti itu. Untuk saya, sama saja. Tapi, tak akan terpilih jika pemani egois. Mengorbankan dirinya untuk tim nasional adalah yang penting. Jika pemain memiliki pengorbanan diri, dia bisa terpilih dan harus ada semangat," ujar Shin Tae yong.

Setelah diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong akan pulang ke negara asalnya dan baru akan kembali ke Indonesia pada 6 Januari nanti. Shin Tae-yongs, tidak akan langsung membesut Tim Garuda setelah meneken kontrak dengan PSSI berdurasi empat tahun.

Shin Tae-yong rencananya kembali ke Indonesia pada Senin (6/12) dan memuai tugas beratnya membesut Timnas Indonesia dan U-20. Dia akan mengumpulkan 60 pemain Timnas Indonesia dan U-20 untuk melihat kemampuan mereka.

Tangan dingin Shin Tae-yong diperlukan PSSI untuk melatih Timnas Indonesia U-20. Sebab, skuat kelompok umur itu akan tampil di Piala Dunia U-20 2021 sebagai tuan rumah.*

Komentar