nusabali

3 Pejabat Eselon IIb Karangasem Hasil Lelang Dilantik Mas Sumatri

  • www.nusabali.com-3-pejabat-eselon-iib-karangasem-hasil-lelang-dilantik-mas-sumatri

Tiga pejabat Eselon IIb Pemkab Karangasem hasil proses lelang (seleksi terbuka) dilantik Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri, Jumat (27/12) malam.

AMLAPURA, NusaBali

Mereka masing-masing I Gede Basma yang dilantik menjadi Kadis Sosial Karangasem, I Wayan Sutrisna dilantik sebagai Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Karangsem, dan I Nyoman Siki Ngurah dilantik sebagai Kepala Bapeda Litbang Karangasem.

Gede Basma yang dilantik menjadi Kadis Sosial, sebelumnya menjabat Kabag Kesra Setda Kabupaten Karangasem. Dalam seleksi terbuka calon Kadis Sosial yang dilakukan Tim Pansel, Gede Basma menduduki ranking teratas, dengan me-ngungguli I Komang Subadra dan Ni Nyoman Kuningan.

Sedangkan I Wayan Sutrisna yang dilantik menjadi Kadis Perindag Karangasem, sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Disdikpora Karangasem. Dalam seleksi, Wayan Sutrisna mengungguli I Ketut Jaya Putra dan  I Gede Loka Santika. Seba-liknya, I Nyoman Siki Ngurah yang dilantik menjadi Kepala Bapeda Litbang Ka-rangasem, sebelumnya menjabat Sekretaris Bappeda Litbang. Dalam seleksi ter-buka, Nyoman Siki Ngurah mengungguli I Gusti Bagus Widiantara dan I Made Agus Budiyasa.

Pelantikan 3 pejabat Eselon IIb hasil proses lelang ini dilakukan Bupati Mas Sumatri di Aula Praja Niti Kantor Bupati Karangasem, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Jumat malam pukul 21.30 Wita. Pelantikan malam itu hanya disaksikan Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karangasem I Gusti Gede Rinceg, serta Asisten I Setda Karangasem I Wayan Purna (selaku saksi), dan Kepala Inspektorat Karangasem I Wayan Sudarsana (saksi). Tidak ada undangan untuk DPRD Karangasem.

Sebelum pelantikan, 3 pejabat Eselon IIb hasil lelang ini terlebih dulu mengikuti prosesi upacara mejaya-jaya di Palinggih Padmasana Kantor Bupati Karangasem, dengan dipuput Ida Pedanda Gede Oka Kemenuh (sulinggih dari Geriya Katon Sudi Pasuruan, Lingkungan Taman II, Kelurahan Karangasem).

Bupati Mas Sumatri mengakui pelantikan malam itu memang terkesan mendadak. Namun, hal itu harus dilakukan, karena menyongsong tahun baru 2020. “Kita mesti bergerak cepat, menyongsong tahun 2020. Begitu memulai tahun anggaran baru, pejabat yang dilantik ini langsung menjalankan tugas," jelas Mas Sumatri.

Menurut Mas Sumatri, pejabat Eselon IIb yang dilantik ini terpilih melalui seleksi ketat dan objektif oleh Tim Pansel yang melibatkan unsur akademisi, profesional, dan pemerintah. "Sebenarnya, semua yang ambil bagian dalam seleksi adalah pejabat (Eselon III) berkualitas. Buktinya, skor yang diraih beda tipis anbtara peringkat satu, dua, dan tiga. Tapi, hanya satu pejabat di setiap formasi yang dilantik. Pejabat yang tak terpilih jangan berkecil hati, masih banyak kesempatan di kemudian hari," pinta Bupati yang juga Ketua DPD NasDem Karangasem ini.

Sementara itu, Ketua Tim Pansel Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Karangasem, I Gusti Gede Rinceg, juga mengakui pelantikan 3 pejabat Eselon IIb hasil proses lelang ini terkesan mendadak. "Tapi, itu tidak masalah. Terpenting, mekanisme pelantikan telah berjalan, ada SK, saksi, dan pengucapan sumpah jabatan. Pelantikan diawali dengan upacxara mejaya-jaya," tandas IGG Rinceg yang juga menjabat Kepala(BKPSDM) Karangasem. *k16

Komentar