nusabali

Shin Tae-yong Soroti Stamina Pemain Indonesia

  • www.nusabali.com-shin-tae-yong-soroti-stamina-pemain-indonesia

Shin Tae-yong langsung  memberikan pandangannya terkait kualitas para pemain Indonesia.

JAKARTA, NusaBali
Menurutnya, pemain Indonesia memiliki kemampuan dan kualitas yang baik, tapi mereka tidak didukung stamina yang kuat. Sosok pelatih Korea Selatan tersebut bakal menjadi pelatih baru timnas Indonesia. Rencanaya, Tae-yong diperkenalkan PSSI kepada publik saat final leg kedua Liga 1 Putri 2019, di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (28/12).

Tae-yong diberi durasi kontrak selama tiga tahun. Dia tidak hanya menangani timnas senior saja, melainkan juga bertugas membesut timnas U-23 dan U-20.

"Saya pikir para pemain Indonesia memiliki ketrampilan tinggi, tetapi mereka tidak memiliki kekuatan," ucap Tae-yong dikutip dari Hankook Ilbo.

"Jika melihat sepakbola Indonesia di babak pertama, stamina para pemain yang bermain bagus tapi turun tajam di tengah babak kedua," kata Tae-yong.

Lebih jauh Tae-yong mengungkapkan, dirinya akan menangani tiga tim sekaligus, yakni senior, U-23, dan U-20. Dari tiga kelompok timnas itu, Tae-yong akan lebih fokus ke senior dan U-20, mengingat U-23 tidak memiliki agenda penting.

“Timnas U-23 sudah tersingkir di kualifikasi. Sedangkan tim senior kalah lima kali di kualifikasi Piala Dunia 2022. Jadi saya lebih fokus ke persiapan Piala Dunia U-20,” tutur Tae-yong, diwartakan Yonhap.

Tae-yong menambahkan, dirinya dikontrak tiga tahun dan akan memulai tugasnya pada awal bulan depan. Awalnya ada pembicaraan kontrak tiga tahun, ditambah opsi perpanjangan dua tahun.

“Saya belum banyak tahu tentang sepakbola di negara ini, karena baru melihat beberapa pertandingan. Kami akan melihat bagaimana lebih dulu bagaimana liga domestik dan remaja berjalan,”kata Tae-Yong

Tae-yong tak memungkiri dirinya membutuhkan pelatih lokal untuk membantu tugasnya di timnas junior. Kendati akan membawa empat asisten yang pernah bekerja sama dengan dirinya, Tae-yong mengaku belum ada pembahasan secara detail perekrutan pembantu.

Tae-yong sebelumnya akan membawa tiga asisten, yaki Gong Oh-kyun, pelatih kiper Kim Hae-woon dan Lee Jae-hong (fisik). Oh-kyun asisten Tae-yong di timna Korsel U-20.

“Namun kami belum membicarakan secara spesifik mengenai berapa banyak pelatih Indonesia yang akan bergabung. Tapi sepertinya mereka sangat dibutuhkan untuk di [timnas] kelompok umur,”kata Tae-yong. *

Komentar