nusabali

Amerta Yulia Satu-satunya PKBM Menggelar Ekstra Pramuka

  • www.nusabali.com-amerta-yulia-satu-satunya-pkbm-menggelar-ekstra-pramuka

Dari 11 PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) di Karangasem, hanya satu yang akan menggelar ekstrakurikuler pramuka.

AMLAPURA, NusaBali

PKBM Amerta Yulia Ganesa Amlapura 2 telah membentuk Pramuka Penggalang. Efektif berlatih awal Januari 2020. Setelah menjalani pelatihan selama satu semester, maka 50 anggota Pramuka Penggalang PKBM Amerta Yulia Ganesa Amlapura 2 dilantik.

Pendiri dan Pembina Pramuka PKBM Amerta Yulia Ganesa 2, I Wayan Mertayasa mengatakan, jadwal latihan pramuka diagendakan setiap Jumat sore. Pembinaan melibatkan Ni Nengah Kembariasih. Ekstrakurikuler ini bertujuan memberikan pendidikan karakter terhadap siswa. Siswa angkatan pertama di alan Veteran sebanyak 20 orang. Masing-masing kejar paket A setara SD sebanyak 3 siswa, kejar paket B setara SMP sebanyak 7 siswa, dan kejar paket C setara SMA sebanyak 10 siswa. Sedangkan di Banjar Abiannjero, Desa Ababi, Kecamatan Abang, sebanyak 30 siswa. Masing-masing kejar paket B sebanyak 7 siswa dan kejar paket C sebanyak 23 siswa.

Dikatakan, PKBM Amerta Yulia Ganesa 1 yang didirikan tiga tahun lalu di Banjar Kubakal, Desa Pempatan tanpa ekstrakurikuler Pramuka. Menyusul tahun 2019, mendirikan kelas jauh di Jalan Veteran Amlapura, hanya yang di Amlapura dan di Banjar Abianjero ada ekstrakurikuler pramukanya. Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika mengapresiasi adanya ekstrakurikuler pramuka di PKBM Amerta Yulia Ganesa. “Pendidikan Pramuka di sekolah formal wajib diadakan. Kali ini di sekolah kesetaraan ikut mengembangkan pendidikan Pramuka, saya apresiasi inovasinya itu,” kata I Gusti Ngurah Kartika yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Karangasem. *k16

loading...

Komentar