nusabali

Buka Pendaftaran Januari 2020

Golkar Denpasar ‘Tantang’ Kader-Non Kader untuk Daftar

  • www.nusabali.com-buka-pendaftaran-januari-2020

Partai Golkar di Denpasar untuk Pilkada 2020 mendatang belum bisa mengusung paket calon, sehingga harus berkoalisi dengan partai lain.

DENPASAR,NusaBali

Partai Golkar Kota Denpasar akan membuka pendaftaran calon kepala daerah pada Januari 2020 mendatang. Partai beringin ini membuka diri bagi siapa saja yang ingin maju dalam Pilkada Kota Denpasar.

Ketua DPD II Golkar Kota Denpasar, I Wayan Mariyana Wandira mengatakan, sebagai partai yang terbuka dan demokratis, Partai Golkar mempersilahkan kader terbaik maupun non kader serta tokoh masyarakat untuk mendaftar.  "Golkar partai yang sudah dewasa dalam politik, sangat demokratis. Silahkan mendaftar dan berproses melalui Partai Golkar. Pembukaan pendaftaran ini membuktikan kita siap hadapi Pilkada Denpasar 2020," ujar politisi asal Desa Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan ini, Jumat (27/12).

Wandira mengatakan, Partai Golkar Denpasar punya mekanisme dan aturan main ketika ada calon yang mendaftar nanti. "Silahkan siapa saja boleh daftar dan gunakan kendaraan Golkar. Kita punya mekanisme dan aturan main. Nanti akan ada survei untuk uji tokoh dan para kandidat yang berproses. Januari 2020 kami sudah buka pendaftaran calon. Termasuk wartawan juga boleh daftar," kelakar Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar ini.

Saat ini, Golkar sudah membentuk Desk Pilkada Kota Denpasar 2020 yang akan bertugas melakukan penjaringan bakal calon. Desk Pilkada Golkar Denpasar dikomandani Ketua OKK DPD II Golkar Denpasar yang notabene Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Kota Denpasar I Wayan Suwirya. "Desk Pilkada ini punya tugas menjaring  calon sampai terbitnya rekomendasi untuk kandidat," jelas Wandira.

Partai Golkar di Denpasar untuk Pilkada 2020 mendatang belum bisa mengusung paket calon, sehingga harus berkoalisi dengan partai lain. Golkar baru mengantongi 17,78 % suara Pileg 2019. Sementara syarat untuk mengusung calon parpol atau gabungan parpol harus kantongi minimal 20% suara Pileg. Untuk itu kata Wandira, Partai Golkar juga sudah komunikasi dengan sejumlah parpol.

Saat ini baru PDI Perjuangan yang bisa mengusung calon secara mandiri karena memiliki kekuatan kursi  22 kursi parlemen atau 48,89 %. PDI Perjuangan dipastikan akan usung I Gusti Ngurah Jaya Negara sebagai Calon Walikota Denpasar. Sementara paket calon wakilnya masih berproses di DPP PDI Perjuangan. Ada dua kandidat calon wakil yakni I Gusti Ngurah Gede, politisi asal Kelurahan Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur yang kini menjabat Ketua DPC PDIP Denpasar sekaligus juga Ketua DPRD Kota Denpasar dan  I Kadek Arya Wibawa, Sekretaris DPC PDIP Denpasar yang kini menjabat Ketua Fraksi PDIP DPRD Denpasar. Arya Wibawa adalah politisi asal Desa Pedungan, Kecamatan  Denpasar Selatan. *nat

Komentar