nusabali

Bhumi Sudha Digelar di Pura Watu Klotok

  • www.nusabali.com-bhumi-sudha-digelar-di-pura-watu-klotok

Upacara Bhumi Sudha digelar di Pura Watu Klotok, Kecamatan Klungkung pada Tilem Kenem, Wraspati Kliwon Ukir, Kamis (26/12).

SEMARAPURA, NusaBali

Upacara ini rutin digelar setiap setahun sekali. Dalam persembahyangan serangkaian upacara  itu, hadir Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Klungkung Ny Ayu Suwirta, Ketua Umum Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Indonesia, Bali, Ida Penglingsir Agung Putra Sukahet, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra serta jajaran OPD.

Ketua Panitia Dewa Soma mengatakan upacara Bhumi Sudha ini rutin dilaksanakan setiap setahun sekali yang bertepatan dengan Tilem Kenem, berdasarkan Susastra Widhi Sastra Rogha Sanghara Bhumi, Tutur Babad Dewa dan Usadhing Sarwa Sato. "Upacara Bhumi Sudha yang dilaksanakan sekarang salah satu upacara meruwat alam," ujar Dewa Soma.

Makna Upacara Bumhi Sudha ini yakni dimulai dari diri sendiri dengan melaksanakan hidup bersih, tidak merusak alam dan tidak lupa dengan ibu pertiwi. Setelah upacara dilaksanakan oleh utusan dari desa, bendesa atau yang lainnya nunas tirta Bumhi Sudha yaitu tirta penawar dan nasi tawur panukun jiwa. Tirta ini disambut dengan Segehan dan Canang Sari,  kemudian letakkan di Pura Kahyangan Tiga. Upacara dilanjutkan denagn Pangenteg Hyang, kemudian masyarakat desa nunas tirta tersebut yang nantinya dibawa ke masing-masing rumah.

Untuk di rumah masing-masing dilanjutkan dengan upacara Pangenteg Hyang di Sanggah Kemulan. “Tirta Bumhi Sudha digunakan untuk upacara Pengenteg Hyang, sedangkan tirta penawar dipercikan kepada semua peliharaan atau hewan, tanaman untuk mengobati jika ada sakit,” ujarnya. Upacara Bumhi Sudha berlangsung khidmat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berharap digelarnya Upacara Bumhi Sudha ini agar seluruh umat Hindu di Klungkung bisa memaknai arti dari upacara tersebut. "Mari maknai arti penting dari pelaksanaan upacara Bumhi Sudha ini dengan sebaik-baiknya dan semoga kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan," harap Bupati Suwirta. *wan

Komentar