nusabali

Seluruh Camat di Bangli Ikut Berebut Jabatan Eselon II

66 Kandidat Perebutkan 15 Kursi

  • www.nusabali.com-seluruh-camat-di-bangli-ikut-berebut-jabatan-eselon-ii

Sebanyak 66 kandidat ikut berebut 15 jabatan Eselon IIb Pemkab Bangli melalui proses lelang (seleksi terbuka), yang tengah dilaksanakan Tim Pansel (Panitia Seleksi).

BANGLI, NusaBali

Termasuk di antara 66 pejabat Eselon III tersebut adalah seluruh 4 camat di Kabupaten Bangli, yang melamar untuk posisi jabatan berbeda.

Pertama, Camat Kintamani, I Wayan Dirgayusa, yang berebut jabatan Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) dan Persandian Kabupaten Bangli. Dalam seleksi calon Kadis Infokom dan Persandian ini, Wayan Dirgayusa bersaing dengan 4 kandidat lainnya. Jabatan Kadis Kominfo dan Persandian Bangli diisi melalui proses lelang pasca lowong karena pejabat sebelumnya,    Ni Wayan Manik, dimutasi sebulan lalu.

Kedua, Camat Bangli I Wayan Wardana, yang bertarung memperebutkan jabatan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik. Dalam seleksi terbuka, Wayan Wardana bersaing dengan 4 kandidat lainnya. Jabatan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik diisi melalui proses lelang pasca lowong karena pejabat sebelumnya, I Nyoman Puja, dimutasi sebulan lalu.

Ketiga, Camat Tembuku I Dewa Agung Putu Purnama, yang tarung memperebutkan jabatan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangli. Dewa Agung Purnama bersaing dengan 3 kandidat lainnya. Jabatan Kadis Sosial Bangli saat ini tanpa tuan alias lowong setelah pejabat sebelumnya, I Wayan Sukarta, dimutasi sebulan lalu.

Keempat, Camat Susut AA Bintang Ari Sutari, yang berebut jabatan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bangli. Dalam seleksi, Gung Bintang Ari Sutari bersaing dengan 4 kandidat lainnya. Jabatan Kadis Penanaman Modal menjadi tanpa tuan alias lowong setelah pejabat sebelumnya, Alit Parwata, dimutasi sebulan lalu.

Selain 4 jabatan tersebut, ada 11 jabatan Eselon IIb Pemkab Bangli lagi yang lowong karena kasus berbeda-beda, hingga dilakukan pengisian melalui proses lelang. Pertama, Staf Ahli Bupati Bangli Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan. Ada 4 kandidat dari Eselon III yang berebut jabatan ini.

Kedua, jabatan Kadis Perindag Bangli, yang lowong pasca pejabat sebelumnya, I Nengah Sudibia telah pensiun. Ada     4 kandidat yang ikut berebut jabatan ini. Ketiga, jabatan Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan yang lowong pasca pensiunnya I Wayan Sukartana.

Keempat, jabatan Kepala Dinas Perhubungan Bangli yang lowong pasca pejabat sebelumnya, I Gede Arta, dimutasi sebulan lalu. Kelima, jabatan Kadis Pengendalian Penduduk, KB, dan Pemberdayaan PPA Bangli yang lowong pasca pensiunnya I Ketut Kayana. Keenam, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Bangli yang lowong setelah pejabat sebelumnya, Nyonya Erik Gianyar (istri Bupati Bangli I Made Gianyar), meninggal dunia.

Ketujuh, jabatan Kepala Bappeda Litbang Bangli yang lowong pasca pejabat sebelumnya, I Nyoman Widiana, dimutasi sebulan lalu. Kedelapan, Kepala Satpol PP & Damkar Bangli, yang selama ini tidak pernah diidi. Pejabat sebelumnya selalu hanya setingkat Sekretaris.

Kesembilan, jabatan Direktur RSUD Bangli yang lowong setelah pejabat sebelumnya, dr I Wayan Sudiana, dimutasi menjadi Kepala Inspektorat Bangli sebulan lalu. Kesepuluh, jabatan Kadis Koperasi & UKM, Naker, dan Transmigrasi Bangli yang lowong pasca pejabat sebelumnya, Ni Wayan Manik, dimutasi sebulan lalu. Kesebelas, jabatan Kadis PUPR, Perumahan,dan Kawasan Permukiman Bangli yang lowong setelah pensiunnya I Wayan Lawe.

Ada pun 66 kandidat yang lolos bertarung memperebutkan 15 jabatan Eselon IIb melalui proses lelang ini, dinyatakan lolos seleksi administrasi yang dimumuman Tim Pansel di Bangli, Kamis (26/12). Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembanga SDM (BKDPSDM) Kabupaten Bangli, I Gede Arta, sebetulnya ada 67 pejabat Eselon III yang mengajukan lamaran. Namun, satu di antaranya dinyatakan gugur aliasd tak lolos seleksi administrasi, karena usianya sudah 57 tahun dari ketentuan maksimal 56 tahun.

“Hari ini (kemarin) telah diumumkan hasil seleksi adminitrasi. Memang hanya satu orang yang dinyatakan tidak lolos dan gagal mengikuti tahapan selanjutnya,” ujar Gede Arta sembari menyebut jabatan yang dilamar kandidat gugur ini adalah Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Bangli.

Sementara, 66 kandidat yang lolos seleksi administrasi, termasuk 4 camat se-Kabupaten Bangli, selanjutnya akan mengikuti tahap tes kompetensi, 27-28 Desember 2019. Tim Pansel meminjam tempat di SMAN 1 Bangli untuk pelaksaaan tes kompetensi, yang akan digelar mulai hari ini. “Uji kompetensi dilakukan dua hari, dengan melibatkan penguji yang sudah bersertifikat,” jelas Gede Arta. *esa

Komentar