nusabali

Beasiswa Juara Kelas Tak Kunjung Cair

  • www.nusabali.com-beasiswa-juara-kelas-tak-kunjung-cair

Penerima beasiswa adalah siswa yang masuk peringkat tiga besar di kelas.

BANGLI, NusaBali

Beasiswa untuk siswa berprestasi dan siswa dengan nilai ujian nasional sempurna di Kabupaten Bangli tak kunjung cair. Para siswa sudah menunggu pencairan beasiswa ini sejak enam bulan lalu. Namun hingga tutup tahun, belum ada kabar gembira kapan dana tersebut ditransfer ke masing-masing rekening siswa berprestasi. Pemkab Bangli anggarkan Rp 184 juta untuk siswa SD dan SMP berprestasi di tahun 2019.

Informasi di lapangan, Pemkab Bangli anggarkan beasiswa bagi siswa SD hanya untuk sekolah di kelurahan. Sedangkan beasiswa bagi SMP berprestasi mencakup se-Kabupaten Bangli. “Pihak sekolah sudah menganjurkan para siswa membuat rekening tabungan,” ungkap salah seorang wali murid, Kamis (26/12). Sesuai petunjuk, beasiswa bisa dimanfaatkan untuk membeli perlengkapan sekolah. Wali murid ini pun menyesalkan keterlambatan pencairan beasiswa bagi siswa SD dan SMP berprestasi tersebut.

Kasi Peserta Didik Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Bangli, Ni Ketut Sariani saat dikonfirmasi mengakui pencairan dana beasiswa mengalami keterlambatan. Alasannya, masih menunggu payung hukum berupa Peraturan Bupati. “Karena  Perbup belum turun dan menjelang tutup tahun, maka pencairan beasiswa berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas,” jelas Ketut Sariani. Dengan adanya SK Kepala Dinas, pencairan dana beasiswa bisa dipercepat. “Beberapa hari lagi dana beasiswa sudah ditansfer ke masing-masing rekening siswa,” tegasnya.

Ketut Sariani menjelaskan, beasiswa diberikan kepada siswa berprestasi di bidang akademik. Mulai dari kelas I hingga kelas VI SD dan kelas VII sampai kelas IX SMP. Penerima beasiswa adalah siswa yang masuk peringkat tiga besar. Ditegaskan, beasiswa berprestasi khusus untuk SD baru menyentuh siswa di kelurahan saja. Jumlah SD di kelurahan se-Bangli sebanyak 16 SD. Sementara SMP se-Kabupaten Bangli sebanyak 29 SMP. “Selain beasiswa berprestasi juga ada beasiswa bagi siswa yang nilainya sempurna dalam UN,” jelasnya. Ada satu siswa SD dan satu siswa SMP peraih nilai sempurna UN tahun lalu.

Besaran beasiswa SD bagi juara I di kelas sebesar Rp 400 ribu, juara II Rp 350 ribu, dan juara III Rp 300 ribu. Tingkat SMP, juara 1 sebesar Rp 400 ribu, juara II Rp 300 ribu, dan juara III Rp 250 ribu. Beasiswa bagi siswa yang meraih nilai sempurna UN sebesar Rp 1,5 juta untuk SD dan tingkat SMP Rp 2 juta. “Anggaran beasiswa untuk SD dan SMP sebesar Rp 184 juta,” jelas Ketut Sariani. *esa

Komentar