nusabali

Kadis Pariwisata Bali Ingatkan Pengamanan Pesta Tahun Baru

  • www.nusabali.com-kadis-pariwisata-bali-ingatkan-pengamanan-pesta-tahun-baru

Sektor pengamanan diingatkan agar menjadi atensi saat menyambut pesta menyambut Tahun Baru 2020.

DENPASAR, NusaBali.com
Sejumlah pengelola wisata di Bali menyiapkan acara dan atraksi wisata di berbagai destinasi wisata untuk merayakan malam pergantian tahun. Salah satunya Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park bakal menggelar festival kembang api yang diklaim terbesar di Bali.

Plt Kadis Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa menyampaikan pengelola pariwisata melangsungkan malam tahun baru dengan sangat meriah adalah hal yang biasa. "Wajar saja. Sejauh ini yang saya tahu di GWK bakal ada pesta kembang api terbesar di Bali," ujarnya, Kamis (26/12/2019).  "Sebagai daerah wisata, tentu perayaan tahun baru sudah lumrah dilakukan dimana-mana," sambung Astawa. 

Menurutnya ajang pergantian tahun ini dipakai sebagai momentum untuk mengevaluasi  agar tahun depan lebih baik. "Momen pergantian tahun juga dirayakan sebagai wujud rasa syukur. Rasa syukur itu biasanya dirayakan dengan cara yang meriah termasuk pesta kembang api," ujarnya. 

Pihaknya hanya mengimbau kepada para pelaksana pesta malam pergantian tahun harus memiliki standar keamanan yang ketat. "Harus waspada, karena tidak bisa karena kita kan tidak bisa mengindikasi orang apakah maksudnya baik atau tidak, terutama bagi penduduk baru yang mencurigakan," jelasnya. 

Ia juga menyarankan pihak pelaksana untuk berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan.   "Mengandalkan kepolisian saja tidaklah cukup untuk mencegah hal buruk terjadi. Harus ada sinergi dari masyarakat secara keseluruhan," ujarnya. Untuk melakukan pemantauan ia merekomendasikan pihak penyelenggara untuk turut serta menggandeng pecalang dan hansip desa dinas.*has

loading...

Komentar