nusabali

Wakil Bupati Suiasa Buka Lomba Tari Jauk Manis dan Makendang Tunggal

HUT Ke-49 ST Bandhana Yowana, Banjar Delod Pempatan, Desa Adat Tangeb

  • www.nusabali.com-wakil-bupati-suiasa-buka-lomba-tari-jauk-manis-dan-makendang-tunggal

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa secara resmi membuka lomba Tari Jauk Manis dan Makendang Tunggal tingkat umum se-Bali di Wantilan Desa Adat Tangeb, Kecamatan Mengwi, Rabu (25/12).

MANGUPURA, NusaBali

Lomba ini digelar serangkaian HUT ke-49 Sekaa Teruna (ST) Bandhana Yowana, Banjar Delod Pempatan, Desa Adat Tangeb. Pembukaan ditandai pemukulan gong oleh Wabup Suiasa. Turut hadir Camat Mengwi I Gst Ngurah Gede Jaya Saputra beserta Tripika Kecamatan Mengwi, Lurah Abianbase I Dewa Gede Rai Wijaya, Bendesa Adat Tangeb I Gusti Agung Mega Adnyana, serta tokoh masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut Wabup Suiasa juga menyerahkan bantuan seperangkat gong kebyar senilai Rp 300 juta kepada ST Bandhana Yowana.

Wabup Suiasa mengatakan, Pemkab Badung memberikan apresiasi kepada ST Bandhana Yowana yang sudah melaksanakan perayaan ulang tahun ke-49. “Kami sangat senang dan bahagia kepada krama banjar dan sekaa teruna di sini yang sudah mengadakan berbagai perlombaan untuk memperingati HUT ST Bandhana Yowana, seperti lomba Tari Jauk Manis. Secara tidak langsung masyarakat dan sekaa teruna di sini sudah ikut menyukseskan program pemerintah berupa agama, adat, budaya, seni, dan tradisi,” katanya.

Wabup Suiasa berharap sekaa teruna terus meningkatkan dan ikut melaksanakan kegiatan di banjar, desa dan kelurahan yang ada di wilayah Abianbase. “Ke depan sekaa teruna lah yang berperan menopang kegiatan di bebanjaran maupun di desa adat,” tegasnya.

Ketua Sekaa Teruna Putu Agus Wijaya Padma Putra, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Badung yang sudah memberikan dukungan penuh. “Untuk memperingati HUT ke–49 ST Bandhana Yowana kami mengadakan berbagai kegiatan berupa lomba pencentokan Tari Jauk Manis disertai dengan lomba makendang tunggal,” katanya.

Perayaan HUT kali ini menghabiskan dana sebesar Rp 32 juta. Anggaran bersumber dari kas ST Bandhana Yowana, didukung LPD Desa Adat Tangeb serta beberapa sponsor. *asa

Komentar