nusabali

Bupati Buka Pesta Siaga dan Jamran Sidemen

  • www.nusabali.com-bupati-buka-pesta-siaga-dan-jamran-sidemen

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri membuka kegiatan Pesta Siaga dan Jambore Ranting (Jamran) se-Kecamatan Sidemen di Lapangan Mamed, Banjar Sindu Bali, Desa Sinduwati, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Senin (23/12) pagi.

AMLAPURA, NusaBali

Kegiatan ini diikuti oleh 30 gudep (gugus depan). Pesta Siaga dan Jamran 2019 ini berlangsung dari tanggal 23 Desember hingga 28 Desember. Kegiatan diisi dengan lomba warung bola, warung KIM, warung sandi, warung ikatan simpul, dirijen, dan LBB (lomba baris berbaris).

Peserta kegiatan yakni Desa Sidemen sebanyak 4 gudep, Desa Telagatawang 2 gudep, Desa Sinduwati 4 gudep, Desa Talibeng 3 gudep, Desa Tri Eka Buana 2 gudep, Desa Lokasari 2 gudep, Desa Kerta Buana 2 gudep, Desa Tangkup 2 gudep, Desa Wismakerta 3 gudep, dan Desa Sangkan Gunung 6 gudep. Selaku Kamabicab (Ketua Majelis Pembimbing Cabang) Gerakan Pramuka Karangasem, Bupati Mas Sumatri mengapresiasi kegiatan Kwaran Sidemen yang telah mampu menyelenggarakan Pesta Siaga dan Jambore Ranting.

Tujuannya adalah untuk menjalin persaudaraan, melatih ketahanan mental, jiwa, rohani, dan kesadaran berbangsa dan bernegara. “Niscaya anggota siaga nantinya mampu memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa,” ungkap Bupati Mas Sumatri didampingi Ketua Kwarcab I Gusti Ngurah Kartika. Di samping untuk menumbuhkan jiwa karakter, jiwa patriot, sehingga dengan menggelorakan semangat sebagai anak bangsa, mampu mewarisi pembangunan ke arah yang lebih baik.

Sekretaris Gerakan Pramuka Kwartir Cabang I Wayan Sarya mengatakan, Pesta Siaga dan Jambore Ranting Kecamatan Sidemen juga bertujuan mempertemukan semua anggota siaga, saling tukar pengalaman, saling berbagi potensi, latihan bersama, di samping juga ada lomba-lomba, sebagai alat ukur hasil pembinaan selama ini. Termasuk untuk mengevaluasi pembinaan gerakan Pramuka se-Kecamatan Sidemen. Salah satu tolok ukurnya melalui lomba. Jika di beberapa bagian ada kekurangan, perlu dilakukan evaluasi melalui pembinaan berkelanjutan.

Pesta Siaga dan Jambore Ranting katanya, wajib dilaksanakan di setiap Kwartir Ranting sebagai puncak dari hasil pembinaan di setiap gudep. Selanjutnya menggelar Pesta Siaga dan Jambore Cabang Tingkat Kabupaten. Ketua Panitia I Gusti Lanang Weda melaporkan, dari 30 gudep yang ambil bagian hadir sebanyak 480 anggota siaga, 224 peserta penggalang, dan 74 orang pembina. Pelaksanaan Pesta Siaga dan Jambore Ranting 2019 sesuai amanat UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang gerakan Pramuka. *k16

Komentar