nusabali

Forum Genre Bali Adu Kreativitas di Jakarta

  • www.nusabali.com-forum-genre-bali-adu-kreativitas-di-jakarta

Bukan hanya mendukung wakil Bali di ajang Duta Genre Nasional, Forum Genre Bali yang terbentuk setahun silam juga unjuk kreativitas.

DENPASAR, NusaBali.com
Di balik kesuksesan Duta Genre Bali 2019, I Putu Arya Aditia Utama yang terpilih sebagai Duta Genre Indonesia 2019 pada Kamis (19/12/2019) lalu, terdapat kerjasama tim dari Forum Genre Indonesia Provinsi Bali yang setia memberikan dukungan dan menemani setiap proses pemilihan Duta Genre Indonesia di Jakarta pada pekan lalu. Tak hanya menemani dan memberikan dukungan, forum ini juga mengikuti Apresiasi Duta Jambore Ajang Kreativitas Remaja (ADU JAK Genre) di pekan yang sama. 

Dalam Jambore yang dilaksanakan bersama perwakilan Forum Genre dari seluruh provinsi di Indonesia, perwakilan Forum dari Bali ini menampilkan sejumlah pertunjukan seni. “Sebenarnya di ADU JAK itu ada dua acara, ADU JAK itu kan kepanjangannya Apresiasi Duta Jambore Ajang Kreativitas Remaja, nah teman-teman dari forum itu ikut di Jamborenya, kemarin menampilkan pensi, rap, dan flashmob,” ujar Duta Genre Indonesia 2019 terpilih, Arya Aditia, diamini oleh Pande Made Devi Sukma Ernita, Koordinator Forum Genre yang ikut serta dalam ADU JAK Genre pekan lalu. 

Adapun kehadiran Pande Made Devi sebagai koordinator merupakan tugas yang diembannya mewakili Ketua Forum Genre Indonesia Provinsi Bali, Gede Wahyu Adnyana yang tak bisa hadir pada pemilihan Duta Genre Indonesia 2019 pada pekan lalu. Dalam mengikuti Jambore skala nasional ini, Pande Made Devi ditemani oleh sembilan rekan forum lainnya. 

Jumlah ini, merupakan jumlah yang relatif lebih sedikit dibandingkan dengan perwakilan dari Forum Genre provinsi lainnya. “Mungkin beberapa provinsi ada yang mengirim tiga puluh, dua puluh, bahkan lebih dari tiga puluh sementara kita mengirim sepuluh orang saja. Tapi di sini kami bersyukur, walau pun kita massanya sedikit tapi kita berhasil memperoleh hasil yang memuaskan menurut kita,” tutur siswi SMA N 1 Gianyar ini. 

Keberhasilan oleh forum yang baru berdiri tahun 2018 di Bali ini sukses mengantarkan Arya Aditia hingga menjadi Duta Genre Indonesia 2019. Kesuksesan ini membuat Forum Genre Indonesia Provinsi Bali mendapatkan julukan ‘kuda hitam’ Duta Genre Indonesia. “Forum Genre Bali, kita terakhir mendapatkan juara I nasional itu 2012, tujuh tahun kita vakum. Nah di tahun kemarin, di saat forum ini baru terbentuk, kita langsung bisa gaspol mendapatkan lima kategori sekaligus,” lanjut Arya Aditia. 

Kunci dari keberhasilan pada ajang Pemilihan Duta Genre kali ini, menurut Pande Made Devi terletak pada komitmen forum itu sendiri. “Kalau misalkan kita sudah berkomitmen, otomatis kita disiplin pasti ada. Kalau kita sudah janji bakal kerja keras, maka waktu apapun kita pasti akan meluangkan waktu untuk latihan, untuk mempersiapkan ini semua. Apalagi kita persiapannya tidak memiliki waktu yang cukup lama, bisa dibilang kita mempersiapkannya selama satu bulan, tapi di satu bulan itu kami memang betul-betul serius,” ujarnya.

Nantinya forum ini akan terus bersinergi dan saling mendukung bersama Duta Genre Indonesia 2019 terpilih, Arya Aditia untuk menjalankan program-programnya. “Seperti Semeton Yowana Genre, itu program forumnya. Ada juga dutanya yang memiliki program tapi dibantu oleh forum. Ibaratnya ketika forum itu gerak, Duta itu akan menjadi bagian dari forum, lalu ketika Dutanya bergerak, forum itu akan menjadi tim suksesnya Duta. Seperti Semeton Yowana Genre, itu kan program forumnya, Arya ikut ke roadshow ke desa-desa. Tapi saat programnya Arya dijalankan, seperti Revolusi Karakterisasi dan Genre Anti Sampah Plastik, forum ikut mensupport baik dari segi finansial, segi sosial, maupun dari segi kerjasama administrasi,” pungkas Arya Aditia.*yl

Komentar